spot_img
Categories:

Asilah Bahtsul Masail, LBM PCNU Sumenep

- Advertisement -

MABUK KENDARAAN SAAT BERPUASA
Deskripsi Masalah:

قال رسول اهلل صىل اهلل عليه وسلم:ننذرعهاليقءوهوصائم فليس عليه قضاء ونن استقاء فليقض(رواه ابن حبان)
Artinya: “Barangsiapa yang muntah dan sedang berpuasa, maka tidak berkewajiban baginya mengganti. Tetapi siapa saja yang sengaja muntah, maka wajib baginya qadla.” HR. Ibnu Hibban

Mayoritas ulama dari kalangan Syafi’iyyah berdasarkan Hadits diatas sepakat bahwa, muntah yang disengaja merupakan bagian dari hal yang membatalkan puasa. Sekalipun tidak ada yang ikut tertelan, menurut Qaul Shahih.
Namun dikemudian hari, paham yang ditawarkan ini menjadi problem tersendiri bagi Bhindereh Ujang (Red. Madura). Ia sejak kecil memiliki kebiasaan mabuk kendaraan. Terlebih kala menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lumayan jauh. Sedemikian cara pun sudah ia usahakan. Namun tetap saja, muntah juga.
Memiliki kebiasaan mabuk kendaraan sangatlah tidak nyaman bagi Bhindereh Ujang (Red. Madura). Selain membuat badannya lemas, juga menambah beban pikiran. Pasalnya, perjalanan kali ini bertepatan dengan hari dimana dia tengah berpuasa. Dan benar saja, ia kembali mabuk.

Pertanyaan:
1. Apakah praktek safar sebagaimana deskripsi tergolong istiqa’ yang membatalkan puasa?
2. Apa yang menjadi standarisasi istiqa’ dalam istilahfukaha?

BOIKOT PRODUK PRANCIS
Deskripsi Masalah:

Kondisi umat muslim kian hari semakin “melemah”. Disadari atau tidak, umat Islam sangat bergantung dengan berbagai macam produk-produk dengan merek dagang buatan non muslim.

Nama Danone beberapa hari terakhir tiba-tiba ramai diperbincangkan masyarakat. Pasalnya, ada seruan untuk boikot produk Prancis buntut dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait karikatur Nabi Muhammad SAW oleh majalah Charlie Hebdo. Ia tak mau mengecam itu. Menurutnya Prancis memiliki kebebasan berekspresi.

Danone yang punya markas besar di Prancis juga beroperasi di Indonesia dan menjual produk-produknya di sini, di antaranya adalah Aqua. Danone melekat dengan produk Aqua. Hal ini bermula pada 1998, terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte. Ltd. Pada 2001 Danone meningkatkan kepemilikan sahamnya, sehingga menjadi pemegang saham mayoritas di grup Aqua.

Pertanyaan:
1. Bolehkah memboikot produk Prancis sebagai bentuk protes kekecewaan terhadap pernyataan Macron?
2. Sebatas manakah transaksi dengan non muslim yang dibenarkan Islam?

Sail: Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) PCNU Sumenep

Lembaran ini sengaja disebar lebih awal agar peserta dapat persiapan lebih matang.
Untuk undangan terkait tanggal dan tempat pelaksanaan akan dikonfirmasi lebih lanjut.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
A. Habiburrahman
A. Habiburrahman
Read, Write, and Imagine
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...