spot_img

Direktur NU Online Dorong Bangun Finansial pada Pengelola Web NU dan Pesantren

Kota, NU Online Sumenep

Di Hari Lahir (Harlah) NU Online ke 18, panitia mengadakan Silaturrahim Daring dengan Pengelola Website Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pesantren se-Indonesia, Sabtu (10/7/2021). Untuk wilayah Jawa Timur, ada 24 pengelola yang diundang khusus oleh panitia. Salah satunya adalah pcnusumenep.or.id atau situs resmi NU Sumenep.

Mohammad Syafi’ Ali mengutarakan bahwa finansial adalah kunci keseimbangan dalam mengelola website.

“Pengelola harus tau model pemasukan dan sumbernya. Warga NU yang sukses kita sowani untuk dijadikan donatur tetap. Mereka adalah suporter, kita pemainnya,” kata Direktur NU Online Pusat.

Selanjutnya ia mengingatkan bahwa NU Online adalah khittah. Jangan sampai pengelola website di tingkat cabang dan pesantren diatur oleh mereka.

“Bagi yang belum memiliki kanal youtube, mohon segera membuatnya saat kondisi keredaksian sudah mapan. Soalnya youtube mudah mendatangkan dana,” pintanya.

Tak sampai di situ, ia memberikan izin kepada pengelola website NU dan pesantren untuk mengutip konten yang tertuang dalam rubrik NU Online.

“Jika kalian ingin mengutip, jangan lupa sertakan sumbernya,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Mahbib Khorion menjawab pertanyaan peserta daring. Menurutnya, pengelola website di kampus dan Oragnisasi Masyarakat (Ormas) berhak mendapatkan perlindungan.

“Secara formal belum punya nomor di dewan pers. Tapi jangan takut, hal terpenting adalah jangan sampai ada kebohongan, tidak memprovokasi kebencian dan permusuhan dalam sebuah berita,” harap Redaktur Pelaksana (Redpel) NU Online Pusat.

Dirinya menegaskan bahwa NU Online siap memberikan perlindungan jikalau ada sengketa atau permasalahan pers. Sebab ketua dewan pers saat ini dari kalangan NU.

“Kami akan mendampingi secara hukum,” pungkasnya.

Editor: Firdausi

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x