Idul Adha di Masa Pandemi, Inilah Pesan Ketua IPNU-IPPNU Gapura

Gapura, NU Online Sumenep

Efek pandemi membuat perayaan hari raya Idul Adha kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat diimbau untuk melaksanakan salat Ied di rumah dengan menggunakan protokol kesehatan yang inti dari semuanya mengarah pada kemaslahatan bersama, yaitu agar penyebaran wabah bisa ditekan.

Pelajar sebagai bagian dari masyarakat harus andil sebagai pioner dan teladan untuk melaksanakan imbauan tersebuts, sebab sebagai generasi yang berpendidikan, tindak-tanduk pelajar sedikit banyak akan jadi cerminan bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Fathor Rosy, Ketua PAC IPNU Gapura di kediamannya, Selasa (20/07/2021) sesudah salat ied.

“Kalau pelajar mulai sadar dengan mentaati prokes, maka masyarakat pelan-pelan akan ikut,” jelas Rosy.

Ditanya tentang instruksi pribadinya terhadap kader IPNU di Gapura mengenai taat prokes saat Idul Adha di masa pandemi ini, Rosy mengatakan bahwa dirinya sudah mengimbau sejak tiga hari yang lalu agar semua kader IPNU Gapura salat ied di rumah dan misal terpaksa ada yang salat ied di surau—terutama bagi mereka yang berada di zona hijau—maka harus memakai masker, jaga jarak, dan menggunakan protokol kesehatan lainnya.

Selain itu, mahasiswa STKIP PGRI Sumenep semester pertama ini juga mengimbau kepada kadernya agar kalau bersilaturrahmi juga tetap menggunakan prokes dengan membatasi kegiatan yang memicu terjadinya kerumunan.

“Di masa PPKM ini hendaknya bersilaturrahim dengan tetap membatasi kegiatan agar tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

Senada dengan hal itu, Wakris Sa’adah, ketua PAC IPPNU Gapura juga meminta kadernya agar salat ied di rumah dan jika memungkinkan agar melakukan silaturrahim melalui daring.

“Jika memungkinkan dan sekiranya tidak mengurangi nilai silaturrahim, alangkah baiknya kita bermaaf-maafan via telpon saja, karena saat ini banyak orang yang sakit,” ungkapnya

Selain itu Wakris menambahkan, pelajar di masa pandemi ini dituntut lebihb kreatif dan produktif meski hanya berkegiatan di rumah terutama dalam hal membantu menguatkan ekonomi keluarga, akan tetapi di balik semua itu semua kader IPPNU diminta untuk sadar diri bahwa kesehatan harus diutamakan.

“Kader IPPNU sebagai kaum terpelajar untuk saat ini harus sadar diri bahwa menjaga kesehatan itu lebih utama dari yang lain,” ungkapnya.

Editor: Ibnu Abbas

- ADVERTISEMENT -
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x