Khatib Masjid di Banuaju Barat Sampaikan Makna Kepedulian di Masa Pandemi

Batang-Batang, NU Online Sumenep

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Nur Muhammad Desa Banuaju Barat, Batang-Batang dilaksanakan pada hari Selasa (20/07/21) dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. H. Wildan Rosaili selaku khatib dalam kesempatan itu secara garis besar menyampaikan dua hal penting, yaitu agar jemaah mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kepekaan sosial.

Menurutnya, kondisi pandemi ini betul-betul memperlihatkan kekuasaan Allah, Allah Yang Perkasa, Allah Yang Maha Menyembuhkan dan Allah pula yang mematikan. Tidak satu umat pun yang bisa menentang kekuasaan Allah.

“Oleh sebab itu, saatnya kita mendekatkan diri pada Allah, memohon pada Allah, mengagungkan Allah, meningkatkan nilai ibadah kita, karena sejatinya kita ada dalam kehendak Allah, dan karena sejatinya kematian begitu dekat dengan kita,” ungkapnya.

H. Wildan mencohtohkan, bahwa kondisi hari ini banyaknya orang-orang yang meninggal sejatinya jadi refleksi bahwa tidak ada yang lebih berarti sekarang ini kecuali kesehatan dan umur yang panjang. Ia mengimbau kepada Jemaah untuk tidak terlalu sibuk kerja, tidak terlalu pusing memikirkan dunia, dan sebaliknya harus mendekatkan diri kepada Allah sebagai bekal menuju kehadiratNya.

Selain itu H. Wildan juga mengatakan bahwa ibadan korban mengajarkan kepada manusia untuk peduli terhadap umat. Saling berbagi, saling membantu, dan saling menolong.

“Membantu dan menolong orang yang bermasalah lebih utama dari i’tikaf di masjid selama dua bulan,” tegasnya.

Khatib muda itu juga menegaskan bahwa di masa pandemi ini kepedulian menjadi sangat penting ditingkatkan karena efek pandemi tidak hanya pada kesehatan, tapi juga pada ekonomi, sehingga banyak orang terutama kaum duafa yang perlu dibantu.

Sementara itu, K. Muslimu, sebagai sesepuh di masjid Nur Muhammad sekaligus ketua PAC GP Ansor Batang-Batang juga menyampaikan pesan agar para jamaah bisa mengambil hikmah dari ibadah qurban dan hal lain yang telah disampaikan khatib.

“Semoga Jemaah bisa memetik hikmah dari perayaan qurban dan hal-hal yang telah disampaikan oleh khatib tadi,” tandasnya.

Pewarta: Ernawi Sya’bi

- ADVERTISEMENT -
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x