KKN UINSA Surabaya di Batang-Batang Siapkan Program Penanganan Covid-19

Batang-Batang, NU Online Sumenep

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat Mahasiswa Universitas Islam Negera Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam melaksanakan salah satu tugas sebagai mahasiswa, yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dengan menyongsong tema “Menuju Solidaritas Masyarakat dalam Upaya Menyikapi Pandemi Covid-19”, mahasiswa KKN UINSA Surabaya itu siap membantu masyarakat mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Kuliah Kerja Nyata tersebut beranggotakan 15 peserta yang secara mayoritas mahasiswa UINSA Surabaya asal Sumenep. Bertempat di Desa Banuaju Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Mulai hari ini tanggal 22 Juli – hingga 2 September 2021 mendatang.

Fathor Rozi, Kordinator Desa menyampaikan bahwa KKN UINSA Surabaya kali ini tidak akan terlalu banyak memasang program kerja. Tetapi akan lebih difokuskan untuk membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 di tingkat Desa khususnya Desa Banuaju Timur.

“Selama kurun waktu kurang lebih 5 minggu di Desa Banuaju Timur tidak banyak program kerja yang akan kami laksanakan. Beberapa program yang kami susun difokuskan untuk membantu masyarakat dalam mengurangi penularan wabah ini,” ujarnya kepada NU Online Sumenep, Kamis (22/7/2021).

Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UINSA Surabaya itu juga menyebutkan, meski program kerja yang diprioritaskan itu lebih kepada penanganan Covid-19, akan tetapi juga menjamah sektor lain, seperti pendidikan.

“Nanti juga ada program kerja dalam bidang pendidikan, untuk sedikit membantu siswa dalam belajar karena sejauh ini sekolah masih belum masuk,” imbuhnya.

Disisi lain, Moh. Imran selaku Sekretaris Desa Banuaju Timur mendorong KKN UINSA Surabaya untuk fokus memberi pemahaman terhadap masyarakat tentang bahaya Covid-19. Menurutnya masih ada beberapa masyarakat yang belum percaya terhadap wabah ini sehingga masih lalai dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Adanya wabah ini belum bisa dipahami sepenuhnya oleh masyarakat, sehingga KKN bisa memberi pemahaman seputar covid-19 Pada masyarakat Banuaju Timur,” tutur Alumni Pesantren Annuqayah tersebut.

Dirinya pun juga meminta agar tidak terlalu banyak mencanangkan program kerja. Sebab masih dalam kondisi pandemi yang tidak memungkinkan diselenggarakannya berbagai kegiatan sebagaimana sebelumnya.

“Jangan terlalu banyak program kerja, sedikit tapi bermanfaat. Karena sekarang masa pandemi maka memberi pemahaman akan bahaya Covid-19 akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Ibnu Abbas

- ADVERTISEMENT -
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x