spot_img

Presiden Jokowi: PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021

Kota, NU Online Sumenep

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Ahad (25/7/2021).

Dalam keterangan yang disampaikan, Mantan Wali Kota Solo itu memperpanjang masa PPKM Darurat level 4 terhitung sejak tanggal 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan aspek dinamika sosial.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4. Dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021,” tutur Presiden Jokowi.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut diterapkan, tentu sebagai sikap kehati-hatian terhadap virus yang bermutasi dengan ragam varian yang lebih ganas itu. Meski dalam beberapa waktu terakhir, sudah terjadi penurunan.

“Namun demikian kita harus tetap berhati-hati menyikapi tren perbaikan ini. Tetap harus selalu waspada menghadapi carian delta yang sangat menular. Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung cermat. Dan pada saat yg sama aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari harus dipreoritaskan,” imbuhnya.

Penerapan PPKM sejak 23 hari terakhir ini telah menunjukkan perbaikan yang signifikan. Karena itu, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung terhadap kebijakan pemerintah terkait PPKM Darurat.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah terkait PPKM. Saat ini sudah terjadi penurunan kasus seperti yang terjadi di beberapa provinsi di pulau Jawa. Karena itu kita harus terus tingkatkan kewaspadaan,” pintanya.

Kendati demikian, guna memaksimalkan penerapan perpanjangan masa PPKM Darurat level 4 itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa hal terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang hati-hati.

Dalam video berdurasi tujuh menit itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa ketentuan dan pengaturan terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat secara umum. Mulai dari pasar rakyat yang menjual sembako, pedagang kaki lima, toko kelontong, dan lain-lain.

Editor: A. Habiburrahman

Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x