spot_img

Giat PMII Unija Sumenep Bantu Masyarakat Terdampak PPKM

Kota, NU Online Sumenep

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 masih berjalan hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Akibatnya, ada banyak sektor kehidupan masyarakat yang terganggu, salah satunya ekonomi. Aktivitas perekonomian masyarakat dibatasi dan diatur sebaik mungkin guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun demikian, selama PPKM diberlakukan, ada banyak instansi maupun perorangan yang bahu membahu membantu beban ekonomi yang diemban masyarakat. Tidak hanya pemerintah, organisasi kemahasiswaan pun turut hadir memberikan kontribusi.

Seperti yang dilakukan Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Wiraraja Sumenep yang menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak PPKM, di sekitaran Kota Sumenep. Rabu (28/7/2021).

Dengan urunan sesama pengurus dan relasi para kader, mereka mengumpulkan dana untuk membeli beras. Kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat dengan mendatanginya satu-satu. Sebanyak 60 kilogram beras, dibagi rata menjadi 20 bungkus.

Kegiatan yang bertajuk Aksi Kemanusiaan di Tengah Polemik PPKM ini merupakan wujud dari kepedulian kader PMII Kampus Cemara terhadap kesulitan ekonomi masyarakat. Lantaran dalam kurun waktu hampir sebulan, pandemi masih memprihatinkan. Hal ini disampaikan Syaiful Bahri, Ketua Komisariat PK PMII Universitas Wiraraja.

“Tentu ini adalah bentuk empati kita kepada masyarakat yang terdampak PPKM. Utamanya masyarakat menengah ke bawah yang kondisi perekonomiannya sangat memprihatikan,” ungkapnya kepada NU Online Sumenep.

Lain daripada itu, Khalid Dalili, Ketua Panitia Aksi Kemanusiaan ini mengatakan bahwa selain untuk membantu meringankan beban masyarakat, juga sebagai bentuk aspirasi kepada pemerintah agar segera menerapkan kebijakan menyikapi kondisi ekonomi masyarakat, di tengah pandemi Covid-19.

“Ini juga sebagai teguran kepada pemerintah yang mengeluarkan kebijakan PPKM Darurat tanpa memahami kondisi ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Karena itu kami turun ke jalan untuk sekedar hadir memberikan kontribusi nyata,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa Aksi Kemanusiaan di Tengah PPKM itu dalam rangka pembubaran panitia pelaksana Pelatihan Kader Dasar (PKD) 2021 yang telah digelar beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya ini pembubaran panitia PKD 21. Dan kita dengan Aksi Kemanusiaan di Tengah Polemik PPKM. Alhamdulillah meski hanya ini yang kami lakukan, tapi setidaknya bisa bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Ibnu Abbas

 

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x