spot_img

BMT NU Jatim, Hadir sebagai Pahlawan Ekonomi Masyarakat

Kota, NU Online Sumenep

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil (BMT) Nuansa Umat terus mengepakkan sayap di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sebagai salah satu misinya, yakni mengembalikan kemandirian ekonomi warga NU, yang nantinya akan mengarah kepada kemandirian ekonomi secara kelembagaan.

Kiprah BMT NU Jawa Timur selama 17 tahun terakhir, terus mengalami peningkatan dalam memberikan pelayanan dan kepercayaan kepada masyarakat. Salah satunya hal itu dapat dilihat dari perkembangannya di Kabupaten Situbondo yang telah memiliki 11 kantor cabang.

Cabang Besuki menjadi salah satu diantara belasan kantor cabang BMT NU Jawa Timur di Kabupaten Situbondo. Menurut kesaksian salah seorang anggota, Ubaidillah, keberadaan BMT NU mampu memperkuat ekonomi masyarakat. Maka tak ayal jika kemudian dirinya menyebutnya sebagai pahlawan ekonomi masyarakat.

“Saya sangat beruntung menjadi anggota BMT NU karena usaha saya semakin berkembang dengan tambahan modal dari BMT NU,” tutur pria asal Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo itu, Sabtu (31/7/2021).

Dirinya mengaku, bahwa peran BMT NU Jawa Timur, khususnya cabang Besuki telah menolong usaha Es Kelapa Muda yang digelutinya bersama keluarga di rumah. Tak ubahnya seperti pahlawan ekonomi bagi masyarakat.

“BMT NU seperti pahlawan bagi saya dan keluarga,” terangnya.

Meski baru diresmikan 2019 lalu, BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki mampu merangkul ratusan anggota. Hal itu terjadi karena dalam memberikan pelayanan kepada anggota, selalu menggunakan pendekatan emosional.

“Pelayanan sangat ramah, bahkan pencairan juga bisa di luar kantor, diantar ke rumah jika saya berhalangan. Karena memang antara saya dan pengelola bagaikan saudara sendiri. Sangat dekat,” imbuhnya.

Di kesempatan berbeda, Nurhatib, salah seorang anggota BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki juga menyampaikan bahwa keberadaan lembaga keuangan milik warga NU ini telah menjadi pahlawan bagi masyarakat.

“Benar-benar membantu. Prosesnya tidak serumit lembaga keuangan yang lain. Apalagi pelayanan pengelolanya masih kental dengan etika kesantrian,” ungkapnya.

Bahkan menurut pria asal desa Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo ini, BMT NU Jawa Timur telah banyak menolong keluarganya. Membantu dan bertanggungjawab dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Saya merasa tertolong dengan adanya BMT NU,” pungkasnya.

Editor: Abdul Warits

Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x