spot_img

Hasil LAT, Bambang Hendriyanto Nakhoda Baru Lajnah Falakiyah Annuqayah

Guluk-Guluk, NU Online Sumenep

Pengurus Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Annuqayah (LFA) melaksanakan kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) dalam rangka Laporan Akhir Tahun (LAT) dan Pemilihan Ketua Masa Khidmah 1443-1444 H./2021-2023 M. pada Rabu (22/09/2021) yang bertempat di Aula Sekretariat Pondok Pesantren Annuqayah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kiai Abd Karim Thaha selaku Ketua Pelaksana Biro Kepesantrenan dan pengurus Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Annuqayah.

Ilyasi selaku ketua panitia mengatakan bahwa Mubes ini bertujuan untuk memilih ketua dan mereformasi kepengurusan di tubuh LFA.

“Tujuan kegiatan ini adalah sebagai ajang untuk memilih ketua LFA yang akan melanjutkan estafet kepengurusan LFA Masa Khidmah 1443-1444 H. Di samping itu, terselenggaranya Laporan Akhir Tahun (LAT) LFA menjadi agenda yang utama. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan maksimal,” ujarnya.

Hamdan selaku Ketua LFA mempresentasikan LAT selama satu periode. Dalam penyampaiannya, dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Biro Kepesantrenan yang telah memberikan arahan, bimbingan, dan masukan terkait terlaksananya program kerja.

“Kami haturkan banyak terima kasih kepada Biro Kepesantrenan atas arahan, bimbingan, dan masukannya selama periode ini. Secara umum, program kerja LFA sudah berjalan dengan baik dan makasimal. Pasalnya, dari 58 program kerja hanya 8 program kerja yang tidak terealisasi. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena  program kerja sudah berjalan sesuai harapan. Terlaksananya program kerja yang banyak itu, tidak lepas dari dukungan Biro Kepesantrenan dan semangat pengurus LFA yang terus membara demi menjalankan amanah kepengurusan ini,” ulasnya.

Dirinya juga berharap agar ketua LFA yang terpilih nanti bisa mengemban amanah dengan baik dan dapat mengembangkan LFA sebagai lembaga yang memang konsisten dalam pengembangan ilmu Falak kepada seluruh santri Pondok Pesantren Annuqayah dan menjadi rujukan bagi umat dalam penyusunan mawaqit ibadah.

Sebelum prosesi pemilihan, diadakanlah pemaparan visi dan misi dari masing-masing calon ketua LFA yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan kali ini yaitu Moh Ilham Wahyudi, Lukmanul Hakim, dan Bambang Hendriyanto.

Moh Ilham Wahyudi selaku calon nomor urut 01 memaparkan visi dan misinya yang lebih fokus dalam hal pengembangan keilmuan Falak.

“Visi dari saya yaitu menjadikan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan ilmu Falak sebagai media tafakur dan tadabur dari keangungan Allah SWT. Misinya yaitu memberikan edukasi (pembelajaran) tentang keilmuan Falak, baik berupa metode klasil atau metode kontemporer dan mencetak kader yang mumpuni dalam keilmuan Falak, serta bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Koordinator pengurus Bidang Hisab Rukyat (BHR) LFA itu.

Sementara itu, Lukmanul Hakim selaku calon nomor urut 02 memaparkan visi dan misinya yang lebih mengarah kepada program kerja yang belum maksimal dalam pelaksanaannya.

“Visi saya adalah terdepan dalam pengembangan keilmuan Falak dengan mengintegrasikan antara ilmu Falak klasik dan modern. Sedangkan misinya adalah merealisasikan program kerja yang belum terealisasi dan atau program yang kurang maksimal pada periode sebelumnya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kepengurusan dan anggota dalam ilmu Falak, menghadirkan kader-kader falak yang menguasai keilmuan Falak dan dapat menjadi rujukan umat dalam keilmuan Falak, memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat melalui penyusunan mawaqit ibadah, serta mempererat tali silaturahmi antara pengurus, anggota, dan alumni,” tegas Sekretaris LFA itu.

Calon  nomor urut 03, Bambang Hendriyanto juga memaparkan visi dan misinya yang lebih menekankan kepada penerbitan karya yang dihasilkan langsung oleh LFA.

“Visi saya yaitu optimasi Training and Development dalam mencetak kader ilmu Falak baik secara akademis maupun praktis. Sedangkan misinya yaitu modernisasi edukasi ilmu Falak guna mencapai kompetensi yang memadai dan memanifestasikan karya orisinal LFA sebagai sumbangsih terhadap khazanah keilmuan Falak,” ucap Wakil Ketua LFA itu.

Setelah prosesi pemilihan usai, maka dilaksanakanlah proses perhitungan surat suara oleh panitia. Dari hal itu, Bambang Hendriyanto terpilih menjadi Ketua LFA Masa Khidmah 1443-1444 H./2021-2023 M. Dalam sambutannya, dia berharap agar periode selanjutnya para pengurus LFA tetap kompak dan semangat dalam mengabdi. Dengan pengabdian yang ikhlas, maka barokah akan mudah didapatkan.

Pewarta: Lukmanul Hakim
Editor: Ibnu Abbas

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x