spot_img

Ansor Karangbudi, Tradisikan Khatmil Qur’an

Gapura, NU Online Sumenep

Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Karangbudi Kecamatan Gapura termasuk ranting yang tangguh, pasalnya ada tiga macam kegiatan yang dilaksanakan tiap pertemuan rutin sekaligus, sebagaimana yang dilaksanakan pada Jumat (24/09/2021) yakni Khotmil Qur’an, pembacaan qosidah Burdah, dan shalawat Nariyah. Hal ini disampaikan oleh ketua Ansor Karangbudi Saimunil Fu’adi kepada NUOS melalui sambungan telepon.

Lelaki yang akrab disapa Imun itu mengatakan, bahwa kegiatan Khotmil Qur’an yang diadakan setiap Jumat malam Sabtu bakda Maghrib dan diakhiri shalat Isya berjamaah itu selain bertujuan membumikan Al-Qur’an di kalangan pemuda, juga untuk mengharap rida Allah.

“Dengan ini kami ingin membumikan nilai-nilai Qur’ani di masyarakat,” tegasnya.

Selain Khotmil Qur’an, Pimpinan Ranting Ansor Desa Karangbudi juga melakukan pembacaan qosidah Burdah yang tujuannya untuk keselamatan bangsa dari wabah yang sedang melanda saat ini. Alumnus Program Pascasarjana Institut Agama Islam Al Khoziny itu menambahkan, bahwa pemuda wajib berkontribusi semampunya untuk keselamatan negeri ini, salah satunya dengan cara berdoa.

Selain Khatmil Qur’an dan pembacaan Burdah, pembacaan shalawat Nariyah juga menjadi kegiatan inti dari serangkaian kegiatan Ansor Karangbudi yang tujuannya sebagai wasilah untuk mendapat syafaat dari Rasulullah.

“Dengan pembacaan shalawat Nariyah ini, kami berharap semoga mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Dengan syafaat beliau semoga kebahagiaan dunia akhirat akan dicapai,” pungkas Imun di akhir wawancara.

Pewarta: Aribuddin Al-Maliki

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x