spot_img

Roadshow Bupati Sumenep, Sinergikan Program Pemkab dengan Pesantren

Bluto, NU Online Sumenep
Dalam rangka memperkuat ukhuwah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menggelar rangkaian roadshow ke beberapa pesantren. Kali ini yang disapa adalah Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Bluto, Jum’at (24/9/2021) di aula Ar-Rochmah.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menjelaskan, kedatangannya ke berbagai pesantren dalam rangka menjalin silaturrahim yang erat antara ulama dan umara, sehingga bisa mensinergikan program Pemerintah Daerah (Pemkab) dengan pesantren

“Kedatangan kami untuk menindaklanjuti program yang menjadi bagian dari program Pemkab. Karena pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk tercapainya tujuan pesantren dalam mencetak santri yang tafaqquh fid din dan berakhlakul karimah,” ujarnya saat mengawali sambutan.

Tak hanya itu, untuk mendukung percepatan program vaksinasi yang dilakukan Pemkab, ulama dan pesantren juga memegang peranan penting atas terselenggaranya program tersebut. Tanpa mereka, tidak mungkin vaksinasi akan berjalan sebagaimana mestinya.

“Santri harus berani bercita-cita tinggi dan menggapai cita-citanya kelak. Karena kalian di pesantren akan ditempa dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keagamaan guna bermanfaat di masyarakat dan meraih tujuan hidup,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, pesantren sudah berperan besar terhadap pengembangan pendidikan di masyarakat. Di periode kepemimpinannya, pesantren menjadi prioritas programnya.

“Kami mengapresiasi produk olahan santri Nasyrul Ulum berupa produk olahan ikan, seperti Abon dan Sambal Ikan Ekamatho yang merupakan bagian dari produk asli pesantren. Sebagai wujud karya santri yang memiliki SMK Jurusan Kemaritiman berbasis pesantren, akan terus diperhatikan demi mengembangkan kemandirian perekonomian,” ungkapnya.

Di lain sisi, Kiai Zamzami Sabiq Hamid, Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

“Kami juga mengapresiasi sinergitas yang sudah terbangun antara Pemkab dan pesantren di Sumenep. Semoga jalinan ukhuwah dan sinergitas program ini, terus berjalan hingga akhir hayat,” pungkas Sekretaris Rabithah Ma’ahid Al-Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Sumenep.

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x