spot_img

Kiai Zainur: Al-Muqri Prenduan, Tekankan Sanad Keguruan

Pragaan, NU Online Sumenep

Banyak guru yang wafat pada bulan lalu, mulai dari Almaghfurlah R KH Abdul Hamid bin KH Ahmad Mahfud Zayyadi, Ny Hj Muthi’ah, R KH Muhammad Thohir bin Abdul Hamid, Ny Hj Tijaniyah Ali Ridla, KH Zainuddin Djazuli, Al-Habib Muhammad bin Syekh bil Faqih.

Pernyataan ini disampaikan oleh KH M Zainur Rahman Hammam Ali di acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Lahir (Harlah) ke VI Forum Alumni-Muhibbin Ma’had Al-Muqri Prenduan (FAHMAN) bersama Al-Habib Abd Qodir Faqih bin Syekh Bilfaqih dan Al-Habib Abd Qodir bin Zaid Ba’abud, Ahad (10/10/2021) di halaman Pondok Pesantren Al-Muqri Karang Kapoh Prenduan.

“Mudah-mudahan yang muda bisa menggantikan peran guru-guru kita yang sudah wafat. Juga diberikan kesehatan guna meneruskan dakwah guru kita,” harapnya saat mengawali sambutan.

Dilanjutkan, Al-Muqri sangat menekankan pada sanad keguruan hingga muttasil ke Rasulullah. Tanpa bimbingan guru atau almarhumin, maka tidak akan mengenal Allah SWT.

Nonsense hari ini kembali pada Al-Qur’an dan hadits. Tanpa barakahnya beliau, kita tidak mengenal Allah SWT,” pesan pengasuh Pondok Pesantren Al-Muqri itu.

Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep itu menegaskan bahwa, sikap demikian dalam arti meneguhkan sanad, merawat umat, dan menebar manfaat.

“Dengan berkhidmah, kita berbagi manfaat. Berbagi manfaat itu bagian dari khidmah,” ungkapnya saat mengingatkan tema Harlah Fahman pada tahun lalu.

Kiai Zainur menyampaikan pesan Almaghfurlah KH Abdullah Hammam, jimatnya desa ada dua. Yakni dzurriyah Nabi atau Habaib dan guru. Jika dua orang ini diposisikan sebagaimana mestinya (ikhtirom), maka insya Allah daerah itu akan diberikan keamanan oleh Allah SWT.

“Keluarga Nabi adalah keamanan di bumi. Lewat ta’dzim ke habaib, guru, dan ulama. Mak itu bagian dari mengagungnkan Nabi. Semoga pengurus Fahman yang akan dilantik pada malam ini, bisa memajukan dan mengembangkan organisasi,” doanya.

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x