spot_img

Giliran di Rubaru, NU Sumenep Gelar Lokakarya Penguatan Ranting

Rubaru, NU Online Sumenep
Dalam rangka melaksanakan amanah konferensi, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep terus melakukan upaya penguatan ranting di berbagai daerah dengan menggandeng Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat. Kali ini, giliran di MWCNU Rubaru, Ahad (17/10/2021).

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan PCNU Sumenep, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sumenep, jajaran pengurus Syuriah dan Tanfidziyah MWCNU Rubaru dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) se-Kecamatan Rubaru.

Wakil Ketua PCNU Sumenep, Kiai Mohammad Hosnan mengatakan, tugas pokok yang harus dipahami oleh seluruh PRNU se-Kecamatan Rubaru adalah menjaga umat (himayatul ummah), memperkuat organisasi (taqiyatul ummah), dan disiplin dalam berorganisasi (tandzimi harakah).

“Agar bisa menjadi pemeran organisani yang bagus, agar bisa tampak bagi masyrakat luas,” ungkapnya.

Mengabdi di NU struktural, yakni dengan menjadi pengurus hendaknya tidak mengharapkan apapun, termasuk finansial. Bahkan, menurut Kiai Hosnan, semestinya NU yang harus dibiayai. Meski begitu, dengan barakah para kiai dan muassis NU, ia yakin tidak akan jatuh miskin.

“Kita menjadi pengurus jangan pernah mengharapkan finansial atau gaji. Malah kita yang harus berbiaya untuk Nahdlatul Ulama. Tapi atas berokah para muassin Nahdlatul Ulama InsyaAllah kita tidak akan miskin,” imbuhnya.

Lebih jauh, Rais MWCNU Rubaru, KH. Ali Murtadlo menegaskan bahwa Lokakarya menjadi sangat penting dilaksanakan mengingat eksistensi ranting bisa membentengi masyarakat dari berbagai aliran-aliran yang menyesatkan.

“Maka dari itu, ranting perlu dikuatkan sebagai ujung tombak Nahdlatul Ulama,” pintanya.

Beliau menambahkan, bilamana ranting kuat, maka dengan sendirinya NU semakin eksis di tengah-tengah masyarakat.

“Kalo rantingnya kuat, InsyaAllah Nahdlatul Ulama makin eksis menjalankan kegiatan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Selanjutnya Lokakarya Penguatan Ranting Nahdlatul Ulama dipimpin langsung oleh Lakpesdam NU Sumenep, guna merumuskan beberapa langkah strategis menindaklanjuti penguatan ranting.

Editor: Ibnu Abbas

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x