spot_img

Termasuk Maulid, Warga Sumenep Diharap Tetap Lestarikan Tradisi Keagamaan

Kota, NU Online Sumenep
KH. Faqih Imam Anwar mengingatkan kepada masyarakat Sumenep untuk tetap menjunjung tinggi tradisi keagamaan yang telah berlangsung sejak lama. Termasuk memperingati dan merayakan kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW.

“Mari tetap kita pertahankan tradisi keagamaan yang telah berlangsung sejak lama. Baik itu tahlilan yang di dalamnya baca surah Al-Ikhlas, baca dzikir. Itu semua isinya baik. Lebih-lebih maulidan. Jangan dihilangkan tradisi keagamaan ini,” tuturnya saat mengisi ceramah keagamaan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Masjid Jamik Sumenep, Senin (18/10/2021).

Beliau mengutip salah satu hadits Riwayat Abdullah Bin Mas’ud:

مَا رَأَى الْمُسْلِمُونَ حَسَنًا، فَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ حَسَنٌ

Artinya: Apa yang dipandang oleh kaum muslimin sebagai kebaikan maka di sisi Allah sebagai sebuah kebaikan.

“Contohnya ya seperti majelis semacam ini. Soalnya isinya tidak lain ialah dzikir kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Kiai Faqih, sapaan akrabnya, juga mengajak kepada masyarakat untuk tidak mudah membid’ah-bid’ahkan suatu pekerjaan yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sebab, dunia sekarang sudah terbuka. Berkumpul di masjid, di mushalla, selama dalam rangka kebaikan, berdzikir kepada Allah SWT, itu baik, karenanya harus tetap dilestarikan.

Dalam mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang baik, menurut beliau, diperlukan kebersamaan. Sebab, dengan kebersamaan, segala sesuatu mudah diselesaikan. Hal tersebut termasuk bagian dari tradisi yang juga perlu dipertahankan. Bahkan, sebuah kebenaran yang didapatkan tanpa melalui kebersamaan, akan menjadi kesalahan.

“Kebenaran pun, jika didapatkan tanpa melalui musyawarah mufakat, tentu salah. Berbeda dengan bermusyawarah, bersama-sama bertukar pendapat, mencari titik temu hingga solusi. Inilah kekuatan kita, berjamaah,” pungkasnya.

Acara yang digelar dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep ini juga dimeriahkan oleh Hadrah Al-Banjari Syifa El-Qalbi Pimpinan Kiai Zainur Ridla Polay, Gadu Timur, Ganding.

Editor: A. Habiburrahman

Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi
POST TERKAIT
x