spot_img

HSN di Giliraja, Wakil Ketua NU Sumenep Ulas Resolusi Jihad

- Advertisement -

Giliraja, NU Online Sumenep

Serangkaian Hari Santri 2021 yang dilaksanakan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Giliraja dipungkasi dengan pengajian umum. Acara tersebut diselenggarakan di Desa Banmaleng, Giliraja, Sumenep, Jumat (22/10/2021)

Kegiatan yang dikemas dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan istighotsah Hari Santri 2021 ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, KH Yusuf Efendi.

Dalam kesempatan itu, ia mengulas tentang resolusi jihad yang digagas oleh Hadratussyekh KH M Hasyim Asyari serta peran kiai dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Rumusan Pancasila itu salah satu tokoh yang punya andil Hadratussyekh KH Hasyim Asyari yang merupakan muassis NU,” ujar kiai asal Karangcempaka Bluto itu.

Menurutnya, Hari Santri yang kita peringati hari ini berkat jasa Mbah Hasyim. Ia membuat resolusi jihad untuk mengajak para santri serta masyarakat umum dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peran kiai dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia sangatlah besar dan jelas,” ungkapnya.

Disebutkan, bahwa banyak para kiai dan santri yang gugur di medan tempur, hanya saja selama ini banyak pengaburan sejarah oleh mereka yang tidak senang dengan eksistensi pesantren.

“Oleh karena itu, mari buktikan pada bangsa, bahwa santri bisa berbuat lebih untuk negara. Santri juga bisa mengambil peran untuk berkontribusi terhadap Indonesia tercinta,” pungkasnya.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

3
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...