spot_img

Ada Santunan Yatim, Mahasiswi Instika Gelar Kegiatan Maraton Peringati Asyura

- Advertisement -

Lenteng, NU Online Sumenep

Mahasiswi Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-guluk menggelar beragam kegiatan dalam memperingati hari Asyura atau 10 Muharram 1444 Hijriyah. Kegiatan yang dilaksanakan secara maraton dari pagi hingga tengah malam tersebut dilakukan oleh Mahasiswi KKN Integratif Instika 2022 Posko 31 Desa Moncek Timur, Lenteng, Sumenep, Ahad (07/08/2022).

Ketua Posko 31 KKN Instika, Tolak Aida mengatakan, kegiatan diawali dengan lomba menggambar dan mewarnai pada pukul 07.30 WIB di Pondok Pesantren Al Huda desa setempat. Disebutkan, siswa RA/TK dapat mengikuti lomba menggambar dan mewarnai sekaligus, sementara siswa PAUD hanya mewarnai.

“Lomba mewarnai untuk siswa PAUD diikuti oleh tujuh peserta, sedangkan lomba menggambar dan mewarnai diikuti oleh 24 orang siswa tingkat RA/TK,” ungkapnya.

Aida melanjutkan, setelah shalat Dhuhur pihaknya menggelar lomba shalawat couple untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Lomba ini diikuti oleh 46 peserta. “Pada malam harinya, usai shalat Maghrib kami menggelar istighotsah bersama siswa dan wali murid. Yang hadir sekitar 250 orang,” paparnya.

Rentetan kegiatan kemudian berlanjut setelah shalat Isya’ yang diisi dengan santunan untuk anak yatim. Turut hadir dan memberikan santunan dalam kegiatan tersebut Kepala BMT NU Jawa Timur Cabang Lenteng Muh Ikli dan Pengasuh Yayasan Al Huda Nyai Hodaifah.

“Acara terakhir adalah renungan malam. Acara ini hanya diikuti oleh 24 orang karena digelar tengah malam, tepatnya pukul 02.00 WIB dini hari,” jelasnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Posko 31 KKN Instika, Munafaroh mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya ini merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan mahasiswi Posko 31 KKN Instika.

“Mahasiswa bimbingan kami sudah dua kali melakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak,” ujarnya.

Disebutkan, pada Kamis (04/08/2022) lalu, Posko 31 KKN Instika menggelar Penyuluhan Akad-akad Muamalah dengan pembicara Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumenep Moh Jazuli Mudhar.

Diketahui, sebanyak 8 mahasiswi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Instika Guluk-guluk melakukan KKN di Desa Moncek Timur sejak 25 Juli 2022 lalu. Mereka akan melaksanakan pengabdiannya di masyarakat selama satu bulan.

Editor: Ibnu Abbas

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
A. Habiburrahman
A. Habiburrahman
Read, Write, and Imagine
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

3
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...