Begini Cara Mahasiswi IST Annuqayah Bimbing Warga Moncek Timur Olah Chips Jagung

- Advertisement -

Lenteng, NU Online Sumenep

Mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) 01 Institut Sains dan Teknologi Annuqayah Guluk-guluk Sumenep posko desa Moncek Timur, Lenteng Sumenep mengadakan pelatihan pembuatan chips jagung yang diikuti oleh para ibu PKK, muslimat, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kader, dan UMKM sekitar pada Kamis, (11/8/2022).

Alisa Firdausiyah, Ketua Posko KKN Desa Moncek Timur mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 11-15 Agustus 2022 yang dipusatkan di Balai Desa Moncek Timur Kecamatan Lenteng.

Lebih lanjut, Pihaknya menambahkan bahwa pada Kamis (11/8/2022) peserta KKN 01 Posko Moncek Timur bersama dengan Dosen pembimbing Lapangan, ibu Fina Syahadatina melakukan demonstrasi tentang pembuatan chips jagung. Kemudian pada tanggal 12-14 Agustus 2022 dilanjutkan dengan pembuatan chips jagung oleh ibu PKK, KWT, Kader, Muslimat, dan UMKM sekitar.

“Selanjutnya pada tanggal 15 Agustus yang akan datang peserta KKN bersama peserta pelatihan melakukan pendampingan cara packing yang baik dan benar untuk produk chips jagung tersebut” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa untuk membuat chips jagung, menggunakan bahan dasar jagung baik itu jagung kering maupun jagung segar. Akan tetapi pada kegiatan pelatihan pembuatan chips jagung oleh peserta KKN 01 posko desa Moncek Timur menggunakan bahan dasar jagung kering yang sebelumnya sudah dijadikan tepung jagung terlebih dahulu.

Pembuatan tepung dilakukan fengan cara menggiling jagung yang sudah dipipil menjadi bentuk/ ukuran yang lebih kecil (beras jagung), kemudian rendam selama 3-5 jam menggunakan air biasa lalu tiriskan dan giling kembali hingga berbentuk tepung jagung.

“Setelah tepung jagung jadi, langkah selanjutnya adalah membuat chips jagung dengan cara mencampurkan tepung jagung dengan bahan-bahan pendukung lainnya,”tambahnya.

Menurut ibu Fina Syahadatina, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang juga menjadi trainer mengungkapkan bahwa dirinya optimis produk olahan berbahan dasar jagung ini berkelanjutan produksinya di desa Moncek Timur.

“Karena jagung di daerah ini sangat melimpah dan inovasi yang dilakukan cukup mudah untuk diaplikasikan oleh ibu-ibu rumah tangga sekalipun,” ujarnya.

Ibu Sulhatin selaku Wakil Ketua PKK mengapresiasi dan mendukung olahan chips jagung ini. Menurutnya, produk ini bisa nanti menjadi produk unggulan dari Desa Moncek Timur.

“Gampang juga bikinnya yaa. Enak juga. Ini bisa jadi produk unggulan Moncek Timur,” pungkasnya.

Editor: Ibnu Abbas

 

- Advertisement -
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Ketua Ansor Sumenep Serap Aspirasi Kader

0
Pragaan, NU Online Sumenep Kiai Qumri Rahman, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep bincang-bincang santai dengan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP...

Syarat Izin Operasional Klinik Pratama, Berikut Penjelasan LKNU Sumenep

0
Kota, NU Online Sumenep Selain mensosialisasikan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep turut...

Sambut 1 Abad NU, LKNU Sumenep Sosialisasi Posbindu PTM

0
Kota, NU Online Sumenep Guna menyambut peringatan 1 Abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep melalui departementasinya Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) akan memberikan...

Kiai Zainur: Jangan Mencari Pangkat dan Dunia di NU

0
Manding, NU Online Sumenep KH Muhammad Zainur Rahman Hammam Ali, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menegaskan, jangan mencari pangkat dan dunia di...
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x