spot_img
Categories:

Federasi Petani Audiensi ke Bupati Sumenep Soal Harga Tembakau

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep

Perwakilan petani di beberapa kecamatan yang tergabung dalam Federasi Petani Tembakau Madura (FPTM) melakukan audiensi dengan Bupati Sumenep terkait harga tembakau pada Rabu (10/08/2022) di Ruang Graha Adhirasa Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep.

Rombongan FPTM itu diterima oleh perwakilan Bupati Sumenep yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep.

Syahirul Alim selaku Pengurus Divisi Kajian dan Riset FPTM menuturkan terkait harga, cuaca, dan penyerapan tembakau para petani oleh pabrikan sudah menjadi masalah klasik yang melekat dalam niaga tembakau.

“Bagi petani, harga tembakau menjadi nafas kehidupan, sebab kebanyakan kebutuhan hidup lebih banyak bergantung dari hasil penjualan tembakau,” tutur alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk ini.

Menurutnya, saat ini petani dalam keadaan dilematis dengan harga tembakau. Sebab selain telah menjadi mata pencaharian turun-temurun, menanam tembakau juga merupakan upaya merawat budaya Nusantara.

“Ada beberapa hal yang kami sampaikan pada acara tersebut yaitu, harga tembakau, poster/sampel, timbangan, perizinan, kuli dan tali, gapoktan, cukai, rokok ilegal, dan Break Event Point (BEP),” tegas Wakil Kepala Kesiswaan Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Guluk-Guluk itu.

Menanggapi hal itu, Arif Firmanto selaku Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sumenep mengatakan, pihaknya ke depan akan melakukan beberapa langkah agar harga tembakau ini berpihak kepada petani.

“Langkah tersebut dengan memberikan edukasi secara masif kepada petani tembakau; menyediakan bibit tembakau secara gratis; penyediaan dukungan pengembangan infrastruktur; sarana pertanian; produksi; perlindungan; perbenihan; pengolahan dan pemasaran hasil pertanian; kelembagaan; pembiayaan; perijinan; investasi; SDM dan teknologi spesifik lokasi; serta statistik dan informasi sistem di bidang tanaman pangan dan hortikultura,” terangnya.

Sementara itu, Chainur Rasyid selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep menyatakan, lembaganya ke depan juga akan melakukan langkah strategis agar permasalahan harga tembakau cepat teratasi.

“Ke depan, kami akan juga menjaga kualitas tembakau dan telah melakukan tera timbangan. Kegiatan ini, sebisa mungkin terus dilakukan kerjasama ke berbagai pihak salah satunya yang sudah dideklarasi adalah Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau Madura (P4MT) yang digelar di Pamekasan pada 6 Agustus 2022 serta kerjasama dari 3 daerah penghasil tembakau di Madura (Sumenep, Pamekasan, dan Sampang),” pungkasnya.

Editor : Ach. Khalilurrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...