Categories:

Gaes, Acan Odhang Madura Mak Nyus

- Advertisement -

Pragaan, NU Online Sumenep 

Indonesia yang dikenal negara yang gemah ripah atau kaya dengan rempah-rempahnya, sering kali memberikan nuansa khas pada kuliner kedaerahan. Salah satunya adalah terasi udang yang dimiliki oleh Cirebon dan Madura.

Untuk mengetahui perbedaannya, bisa dilihat dari warnanya. Cirebon warnanya cokelat kehitaman, sedangkan Madura merah kecokelatan atau seperti tanah.

Nenek Tamami warga Dusun Somangkaan, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep menekuni atau memproduksi Acan Odhang (terasi udang) selama 2 tahun.

Dijelaskannya, terasi yang ia buat memiliki aroma dan rasa yang berbeda dengan terasi yang lainnya. Bahkan proses pembuatannya menggunakan cara yang tradisional dan alamiah.

“Bahan-bahannya sederhana, yaitu benur atau anak udang laut yang dibeli di pasar lelang ikan. Setelah itu, kami menguleknya hingga halus di atas cowek yang terbuat dari batu,” terangnya saat dikonfirmasi NU Online Sumenep, Ahad (07/08/2022) di kediamannya.

Usai halus, lanjutnya, ia menjemur di atas terik matahari kurang lebih 1 hari, jika kondisi cuaca mendukung.

“Dalam satu hari, kami bisa memproduksi 10 kilogram, lalu dikemas dalam bungkus yang sederhana. Sedangkan pemasarannya, kami menjual ke beberapa pemesan dan pasar tradisional dengan harga 40 ribu dengan berat 1 kilo,” tutur nenek Tamami.

Dirinya menegaskan, terasi udang yang ia buat tidak menggunakan bahan pengawet seperti halnya dilakukan oleh penjual lainnya yang sering dijumpai di pasar tradisional.

“Penasaran dengan cita rasanya? Silahkan mencoba mencoba, dijamin mak nyus,” tandasnya.

- Advertisement -
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Ketua Ansor Sumenep Serap Aspirasi Kader

0
Pragaan, NU Online Sumenep Kiai Qumri Rahman, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep bincang-bincang santai dengan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP...

Syarat Izin Operasional Klinik Pratama, Berikut Penjelasan LKNU Sumenep

0
Kota, NU Online Sumenep Selain mensosialisasikan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep turut...

Sambut 1 Abad NU, LKNU Sumenep Sosialisasi Posbindu PTM

0
Kota, NU Online Sumenep Guna menyambut peringatan 1 Abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep melalui departementasinya Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) akan memberikan...

Kiai Zainur: Jangan Mencari Pangkat dan Dunia di NU

0
Manding, NU Online Sumenep KH Muhammad Zainur Rahman Hammam Ali, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menegaskan, jangan mencari pangkat dan dunia di...
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x