Categories:

Keren, Keris Aeng Tongtong Sumenep Jadi Souvenir Resmi KTT G20

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep
Keris asal Desa Wisata Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep dijadikan souvenir resmi KTT G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Pertemuan yang dihadiri oleh para pemimpin negara dengan perekonomian itu akan kembali ke negaranya dengan membawa keris buatan asli Sumenep.

Gubernur Jawa Timur, Khafifah Indar Parawansa mengungkapkan kebanggaannya karena kearifan lokal di Kabupaten Sumenep telah diakui dunia. Bahkan ia menyebut keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO di tahun 2005.

“Orang Jawa Timur harus berbangga karena kerajinan asal Bumi Majapahit ini menjadi souvenir para delegasi negara-negara KTT G20. Semoga keris dari desa ini dapat merambah pasar ekspor dan semakin mendunia,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Rabu (16/11/2022).

Ia berharap, dengan dijadikannya souvenir resmi KTT G20, bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Sumenep untuk melestarikan dan menjaga kekayaan tersebut yang penuh dengan nilai dan filosofi tinggi.

“Dengan dijadikannya sebagai souvenir resmi KTT G20, semoga menjadi motivasi tersendiri, khususnya bagi desa tersebut untuk terus meletarikan karya yang penuh dengan nilai dan filosofi tinggi itu,” tambahnya.

Khofifah meyakini, usai perhelatan KTT G20, nama Desa Wisata Aeng Tongtong, Kabupaten Sumenep juga akan semakin terangkat. Apalagi, tahun 2014 lalu, desa ini juga dinobatkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu keris terbanyak di dunia.

Desa ini, tambah Khofifah, juga  berhasil menyabet dua gelar luar biasa. Pertama, Desa Aeng Tongtong memecahkan Rekor MURI sebagai Desa Dengan Empu Keris Terbanyak di dunia. Dan kedua, Desa Aeng Tong Tong juga dinobatkan sebagai Juara I ADWI 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung.

“Semoga jumlah wisatawan yang datang ke desa ini pun semakin bertambah, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

- Advertisement -
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
mm
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Ikhtiar Bukukan Jejak Ulama, LTNNU Jatim Gelar PKL di Zona Madura

0
Pamekasan, NU Online Sumenep Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur menggelar Pelatihan Kader Literasi (PKL) di zona Madura. Kegiatan...

Harlah ke-55, Kopri Guluk-Guluk Gelar Dua Kegiatan Unik dan Upgrade Kader

0
Guluk-guluk, NU Online Sumenep Dalam rangka memperingati Hari Lahir Kopri yang ke-55 Korps PMII Putri (KOPRI) komisariat Guluk-Guluk melangsungkan dua kegiatan pada Jum'at (25/11l/2022). Kegiatan pertama...

Syaikh Siti Jenar dan Suluk Malang Sungsang

0
Nilai-nilai sufistik yang ada dalam Novel sejarah menarik untuk diceritakan kepada khalayak. Hal ini tentu saja harus mendapat perhatian karena nilai-nilai sufistik sangat baik...

Suarakan Tolak Sampah Plastik, Santri Ponpes Annuqayah Gelar Demonstrasi

0
Guluk-guluk, NU Online Sumenep Aksi peduli lingkungan dan mengurangi sampah plastik yang disuarakan oleh santri Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa, Guluk–guluk, Sumenep Madura, semakin masif. Terbaru,...
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x