Categories:

LFNU Sumenep Observasi Gerhana Bulan dan Shalat Khusuf di Masjid Jamik

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep

Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Sumenep melakukan observasi gerhana bulan dan shalat khusuf. Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Jamik Sumenep, Selasa (08/11/2022) malam.

Kegiatan yang diikuti ratusan jamaah itu dimulai dengan shalat Maghrib berjamaah, shalat khusuf dan khutbah. Kemudian dilanjutkan dengan proses pengamatan gerhana bulan total menggunakan teropong.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan tertib,” kata Kiai Fathor Rois selaku Ketua LFNU Sumenep.

Sementara itu, Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota KH Fadhlan Masykuri dalam khutbahnya mengatakan, bahwa matahari dan bulan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Menurutnya, gerhana bulan yang terjadi merupakan tanda dari kebesarannya.

“Keduanya (bulan dan bumi) mengalami gerhana karena faktor sistem alamiyah yang sudah berjalan sejak awal diciptakannya alam ini,” ujarnya.

Dirinya mengajak Nahdliyin untuk mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Mengingat Allah SWT dapat menghilangkan cahaya bulan sebagaimana dapat dengan mudahnya menghilangkan nikmat manusia. Ia pun meminta jamaah untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan.

“Allah bisa menghilangkan cahaya bulan, begitu juga dia bisa menghilangkan nikmat manusia dari mereka bila mereka menyimpang dari jalan yang benar,” pungkasnya.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

1 KOMENTAR

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Moh Fathor Rois
Guest
Moh Fathor Rois
10 November 2022 05:53

Bagus

Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

3
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Asilah Bahtsul Masail NU Sumenep: Permainan Capit Boneka dan Dilema Seorang Nelayan

0
Batuan, NU Online Sumenep Bahtsul Masail dan Konsolidasi Organisasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep akan kembali digelar pada Minggu (13/6/2021) mendatang di Majelis Wakil...
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x