LP Ma’arif NU Sumenep Ajak Isi Kemerdekaan dengan Memajukan Pendidikan

- Advertisement -

Batuan, NU Online Sumenep
Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sumenep menggelar upacara Peringatan HUT Ke-77 RI. Upacara yang diikuti oleh siswa-guru SMA NU dan SMP NU Sumenep itu berlangsung di halaman Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Rabu (17/8/2022).

Sekretaris LP Ma’arif NU Sumenep, Zainal Abidin yang bertugas sebagai Inspektur Upacara mengajak untuk mengisi kemerdekaan dengan berjuang memajukan pendidikan. Karenanya, para guru NU dan lembaga pendidikan NU tetap berkomitmen dalam mencetak generasi terbaik bangsa.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan berjuang memajukan pendidikan kita. Bagaimanapun, kita memiliki tanggungjawab untuk mencetak generasi terbaik bangsa, agar kelak bisa memberikan kontribusi besar untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Menurut Zainal, kemerdekaan bukanlah hadiah yang hanya untuk dinikmati saja. Tetapi kemerdekaan adalah hasil perjuangan para pahlawan, utamanya ulama, dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia. Karena itu, kemerdekaan harus disyukuri dengan selalu memberikan kontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan itu sendiri.

Kemudian Zainal menceritakan, dalam lagu Subbanul Wathan yang diciptakan KH. Wahab Chasbullah pada tahun 1911, terdapat lirik ‘Indonesia Biladi (Indonesia Negeriku). Hal itu menandakan, betapa gigihnya para ulama NU dalam mewujudkan kemerdekaan lalu mendirikan negara Indonesia.

“Padahal lirik lagu itu diciptakan sebelum Indonesia merdeka, sebelum Indonesia ada. Tetapi semangat menggapai cita-cita besar itu terus digelorakan oleh beliau, ulama-ulama NU,” tambahnya.

Bila ditarik dalam konteks pendidikan, menurut Zainal, ruh kemerdekaan harus terus melekat dalam setiap jiwa pejuang pendidikan. Mencurahkan segala asa dan perjuangan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju dan berkualitas.

“Sehingga para pejuang terdahulu bangga dengan upaya-upaya kita dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Mari bersama kita di LP Ma’arif NU Sumenep mengisi kemerdekaan dengan pendidikan,” pintanya.

Lebih lanjut, dirinya pun mengutip dawuh Maulana Habib Luthfi Bin Yahya, bahwa bendera yang dikibarkan dalam setiap upacara kemerdekaan, tidak hanya terdapat warna merah dan putih. Melainkan juga terdapat jati diri dan kegigihan para pejuang dalam mewujudkan kemerdekaan.

“Ini yang harus terus kita tanamkan dalam hati kita. Ruh kemerdekaan harus selalu kita hadirkan di setiap langkah perjuangan kita di bidang pendidikan,” pungkasnya.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
mm
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Ketua Ansor Sumenep Serap Aspirasi Kader

0
Pragaan, NU Online Sumenep Kiai Qumri Rahman, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep bincang-bincang santai dengan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP...

Syarat Izin Operasional Klinik Pratama, Berikut Penjelasan LKNU Sumenep

0
Kota, NU Online Sumenep Selain mensosialisasikan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep turut...

Sambut 1 Abad NU, LKNU Sumenep Sosialisasi Posbindu PTM

0
Kota, NU Online Sumenep Guna menyambut peringatan 1 Abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep melalui departementasinya Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) akan memberikan...

Kiai Zainur: Jangan Mencari Pangkat dan Dunia di NU

0
Manding, NU Online Sumenep KH Muhammad Zainur Rahman Hammam Ali, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menegaskan, jangan mencari pangkat dan dunia di...
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x