spot_img

Ranting NU di Pragaan Rutin Ngaji Kitab Fathul Qarib

- Advertisement -

Pragaan, NU Online Sumenep
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Sentol Daya, Pragaan, secara rutin menggelar pengajian kitab Fathul Qarib. Kegiatan ini diadakan tiap malam Selasa bertempat di Kantor Ranting NU setempat.

Kiai Abd Rasyid yang didaulat sebagai narasumber pada kegiatan itu menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mengingat-ingat kembali pelajaran yang telah diperoleh selama di pesantren atau madrasah.

“Program Ngaji Kitab ini bertujuan untuk mengingat-ingat kembali pelajaran yang telah diperoleh selama mondok atau sekolah, baik dari segi nahwu sharraf ataupun kandungan hukum fikihnya,” ucapnya saat dikonfirmasi reporter NU Online Sumenep, Senin (29/08/2022).

Kitab fikih bermadzhab Syafi’i ini dipilih bukan tanpa alasan. Katib Syuriyah PRNU Sentol Daya ini menjelaskan bahwa meski tipis, Fathul Qarib memiliki kandungan pembahasan yang tak kalah lengkap dan runtut.

“Meski telah selesai mengaji Fathul Qarib di pesantren, banyak di antara kita yang belum mampu mengaplikasikan kandungan isinya dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut alumni Pondok Pesantren Al-Muqri Karang Kapoh Prenduan ini.

Menurutnya, Fathul Qarib merupakan kitab klasik yang istimewa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ulama yang mengomentari atau memberi syarah terhadap kitab tersebut.

Sementara itu, Moh Fadlan, Sekretaris Ranting NU Sentol Daya mengatakan bahwa ngaji Fathul Qarib merupakan program mingguan yang terbuka untuk umum.

“Ngaji kitab Fathul Qarib kita laksanakan setiap malam Selasa jam 19.30 WIB dan terbuka untuk seluruh warga NU utamanya di Desa Sentol Daya dan sekitarnya,” terangnya.

Editor : Firdausi

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...