spot_img
Categories:

Safari Ramadan LTM NU Sasar Sejumlah Sekolah Umum di Sumenep

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep
Kegiatan Safari Ramadhan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Sumenep menyasar sejumlah sekolah umum yang tersebar di Sumenep. Di antaranya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep, SMA Batuan, SMK Sumenep, SMA Kalianget, SMP Nurul Bayan dan SDI Nurul Bayan.

Pembukaan Safari Ramadhan dilakukan dengan menggandeng Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep pada Senin, (27/03/2023) kemarin. Kemudian akan dilanjutkan secara berkala ke sejumlah lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.

LTM NU Sumenep juga mencanangkan sejumlah materi pelatihan yang akan diberikan kepada para siswa dan siswi. Seperti Qira’atil Qur’an, Pelatihan Shalat Sempurna, Penguatan Keaswajaan, Pelatihan Tajhizul Jenazah dan Tahsinul Qur’an.

Wakil Ketua PCNU Sumenep,  Kiai Zubairi Karim mengatakan bahwa Safari Ramadan yang dilakukan dengan melibatkan lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis umum merupakan langkah tepat dalam syiar-syiar Keislaman. Sehingga semua elemen dapat disentuh oleh program-program ke-NU-an.

“Ini bentuk nyata dari pelaksanaan program kerja LTMNU Sumenep. Melalui program kerja ini harapannya syiar Keislaman bisa dinikmati oleh semua kalangan,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Ia menambahkan di dalam bermanhaj Aswaja, ada dua tujuan utama, yakni memelihara agama dan memelihara bangsa dan negara. Sehingga melalui kegiatan ini, pemahaman keagamaan dan amaliyah Aswaja para siswa dan siswi di sekolah-sekolah umum semakin kuat dan tidak mudah dimasuki paham-paham lain di luar Aswaja.

Ketua LTM NU Sumenep, Wakid Nurussalam menyebut bahwa gelaran Safari Ramadhan bukanlah sekadar seremonial semata. Melainkan berbagi ilmu dan sejumlah hal lain yang bermanfaat untuk para pelajar di bulan Ramadhan.

“Tentu ini dalam rangka berbagi. Berbagi ilmu pengetahuan, terutama soal ubudiyah, sampai ke ranah sosial seperti santunan. Makanya kita melibatkan sejumlah lembaga lain seperti LAZISNU dan BAZNAS. Bidang penyiaran kita juga libatkan LTNNU agar semakin massif,” ungkapnya kepada NU Online Sumenep.

Adapun Safari Ramadan, hingga kini sudah berjalan di dua lembaga yakni MAN Sumenep dan SMA Batuan. Dengan materi yang diajarkan berbeda-beda. Sesuai dengan yang dibutuhkan lembaga terkait. Sementara sisa waktu yang ada selama Bulan Ramadhan akan dilakukan di lembaga lain.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Ibnu Abbas
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

3
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...