spot_img
Categories:

Swakelola, PARNU di Gapura Buka Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga

- Advertisement -

Gapura, NU Online Sumenep
Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama (PARNU) Masjid Jami’ul Muslimin, Battangan, Gapura Timur dan PAR Fatayat NU 1 memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Senin, (10/10/2022).

Sekretaris PAR NU Masjid Jamiul Muslimin, Lutfi Anshori mengatakan bahwa menebar manfaat kepada warga, termasuk dalam memberikan layanan kesehatan gratis, adalah bagian dari upaya mengukuhkan rasa cinta Baginda Nabi.

“Ini bagian dari syiar agama Islam. Memberikan layanan kesehatan gratis adalah wujud mengukuhkan rasa cinta kepada Sang Baginda Nabi kita,” ujarnya kepada NU Online Sumenep.

Iapun menambahkan, bahwa kegiatan yang digelar bersama PAR Fatayat NU Gapura Timur 1 satu dilaksa6secata swakelola. Dalam arti segala kebutuhan dana didapatkan dari hasil sumbangan antar pengurus dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua PAR Fatayat NU Gapura Timur 1, Fatmiatun Nofiana menjelaskan, layanan kesehatan gratis yang diperuntukkan kepada warga itu meliputi pengobatan kolesterol, asam urat, kencing manis dan beberapa penyakit lainnya. Bahkan juga dilengkapi dengan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang diderita.

“Untuk obat-obatan yang dibutuhkan, kami beli sendiri dari kas anggota. Kurang lebih satu jutaan obat yang kita beli,” ungkapnya.

Hal itu dilakukan, menurut Fatmi, sapaan akrabnya, agar kas yang dikumpulkan dan dihimpun dari anggota, manfaatnya pun juga dirasakan oleh anggota itu sendiri.

“Jadi kas yang kita dapatkan dari warga, pun juga kita kembalikan ke warga,” tambahnya.

Bahkan menurutnya, pelayanan kesehatan gratis itu juga ditujukan kepada warga yang kurang mampu. “Sejauh ini sudah ada 37 wanita dan 16 laki-laki yang sudah melakukan pemeriksaan,” terangnya.

Guna menjamin proses pengobatan berjalan sesuai prosedur kesehatan, pihaknya juga melibatkan tenaga kesehatan dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Gapura.

Ikhtiar yang dilakukan PAR NU Masjid Jamiul Muslimin dan PAR Fatayat NU Gapura Timur 1 itupun mendapat respons positif dari warga. Nyai Surriyah, Pengasuh Pondok Pesantren Ruhul Islam Al-Muntaha Dusun Battangan, mengapresiasi kegiatan yang sangat bermanfaat itu.

“Pengobatan gratis ini sangat luar biasa. Bermanfaat untuk masyarakat. Semoga ikhtiar ini akan menjadi sebab berkumpulnya kita nanti di surga Allah SWT dengan wajah bercahaya,” pungkasnya.

Selain layanan kesehatan gratis, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW PAR NU Masjid Jamiul Muslimin dan PAR Fatayat NU Gapura Timur 1 itu juga dikemas dengan pengajian umum. Akan digelar malam ini, menghadirkan Habib Musthafa Bin Idrus Al-Khirid sebagai penceramah.

Editor: Ibnu Abbas

- Advertisement -

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

3
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...