spot_img
Categories:

Gandeng Para Remaja Masjid, Pemuda NU di Manding Gelar Safari Ramadhan

- Advertisement -

Manding, NU Online Sumenep
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Lanjuk Kecamatan Manding mengadakan Safari Ramadhan yang dikonsep dengan Khatmil Qur’an, Kultum, dan buka bersama pada Senin (27/3/2023) di Masjid Nurul Hidayah Dusun Paraddaan.

Selain dihadiri oleh kader GP Ansor setempat, ikut serta pula pada kegiatan tersebut Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) dan Remaja Masjid dan tokoh masyarakat Desa Lanjuk. Tidak hanya itu, pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Manding terlihat hadir di lokasi acara.

Acara dibuka dengan pembacaan surat Al-fatihah dan dilanjutkan dengan Khatmil Qur’an. Kuliah tujuh menit atau kultum diisi oleh Katib Syuriah MWCNU Manding, Kiai Husni Aziz. Di hadapan hadirin, beliau menjelaskan tentang pahala bagi orang yang berpuasa.

- Advertisement -

“Dalam sebuah hadits Qudsi, Allah berfirman bahwa semua amal perbuatan anak Adam itu adalah untuknya kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya,” terangnya.

Secara substansi hadits qudsi tersebut ingin menyampaikan bahwa ibadah puasa memiliki kedudukan istimewa di sisi Allah SWT. Berbeda dengan ibadah lainnya, pahala puasa menjadi hak prerogatif Allah sehingga tak ada satupun umatnya yang mengetahui.

“Kata “untuk-Ku” adalah bentuk penyandaran ibadah puasa kepada Allah swt yang menunjukkan betapa puasa merupakan ibadah yang memiliki kedudukan lebih dibanding ibadah lainnya,” tambah beliau dalam kultumnya.

Sementara itu, Kiai Samsu’din selaku pengasuh masjid Nurul hidayah saat itu menyampaikan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah Safari Ramadhan.

“Kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, utamanya kepada Pemuda Ansor yang telah melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ini di Masjid yang kami kelola. Dan mohon maaf jika ada penyambutan yang dirasa kurang sempurna,” ucapnya saat sambutan.

Editor: Ach. Khalilurrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

5
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...