spot_img

Makesta IPNU-IPPNU di Giliraja, Diharapkan Cetak Generasi Unggul

- Advertisement -

Giliraja, NU Online Sumenep

Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta adalah kaderisasi awal dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Kaderisasi ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keislaman berhaluan Aswaja al-Nahdliyah bagi pelajar.

Atas alasan tersebut, Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU MTs. Nurul Huda, Giliraja kembali menyelenggarakan Makesta. Kaderisasi ini merupakan yang kedua kalinya setelah dua tahun lalu berubah nomenklatur, dari OSIS menjadi IPNU-IPPNU. Kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan kader pelajar yang bisa membantu menghidupkan dakwah Nahdlatul Ulama (NU) di tengah masyarakat.

- Advertisement -

Hal itu disampaikan oleh Ustadz Moh. Fardi dalam pembukaan Makesta PK IPNU-IPPNU MTs. Nurul Huda, di gedung utama Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Banbaru, Giliraja, Senin (14/12/2020).

“Ini adalah kaderisasi awal di organisasi NU tingkat pelajar. Maka, Makesta ini hendaknya mencetak generasi muda unggul yang bisa menggerakkan dakwah NU di ranah pelajar, khususnya di Pulau Giliraja. Diharapkan pula menjadi generasi penerus untuk kepengurusan NU Giliraja di masa mendatang,” ujar Kepala MTs. Nurul Huda ini.

Agar Makesta sesuai dengan harapan, Ustadz Moh. Fardi meminta kepada para pengurus PAC dan PK IPNU-IPPNU, agar maksimal dalam mengelola kegiatan kaderisasi ini. Sehingga menghasilkan kader pelajar NU yang militan.

“Kader IPNU-IPPNU harus dilatih secara serius untuk kreatif, mandiri dan produktif agar mampu mewujudkan kemandirian organisasi dalam berkhidmah di NU dengan ikhlas,” pungkasnya.

Sementara itu Helliyatuz Zahroh mengatakan, target utama dari pelaksanaan Makesta adalah agar lebih mengenal NU secara organisasi dan amaliah.

”Dengan ber-makesta, pelajar NU Giliraja bisa belajar berorganisasi dengan benar dan dapat meneruskan perjuangan organisasi NU. Selain itu juga, menjaga tradisi amaliah NU serta terus merawat eksistensi organisasi IPPNU-IPPNU secara mandiri,” ucap Ketua PAC IPPNU Giliraja ini.

- Advertisement -

Dihubungi secara terpisah, Pembina PK IPNU-IPPNU MTs. Nurul Huda sekaligus penanggungjawab Makesta, Ustadz Edy Sunaidi mengungkapkan, bahwa kegiatan Makesta diikuti oleh 50 peserta, terdiri dari 25 orang calon anggota IPNU dan 25 calon anggota IPPNU. Sedangkan seluruh pamateri didatangkan dari PC IPNU-IPPNU Sumenep.

“Makesta ini diselenggarakan selama dua hari, sejak tanggal 14 hingga 15 Desember 2020. Seperti biasanya, peserta harus mengikuti secara penuh semua kegiatan dalam Makesta ini,” pungkasnya.

Pewarta: Kurdianto
Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
A. Habiburrahman
A. Habiburrahman
Read, Write, and Imagine
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...