spot_img
Categories:

Ranting Fatayat NU di Pasongsongan Gelar Khatmil Qur’an dan Diskusi

- Advertisement -

Pasongsongan, NU Online Sumenep

Pengurus Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Nahdlatul Ulama Desa Prancak Pasongsongan menggelar pertemuan rutin bulanan yang dikemas dengan Khatmil Qur’an dan Diskusi, Jum’at (01/07/2022) di Dusun Platokan.

Mabruroh, Ketua PR Fatayat NU Prancak Pasongsongan mengatakan, tujuan kegiatan ini memang didasarkan pada Peraturan Dasar (PD) pada BAB IV Pasal 4 tentang tujuan organisasi.

- Advertisement -

“Pertama, membentuk perempuan muda NU yang bertakwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, beramal shaleh, cakap, bertanggungjawab, berguna bagi agama, nusa, bangsa, dan negara,” katanya.

“Kedua, agar senantiasa selalu membangun kebersamaan dalam ukhuwah Islamiyah yang menjadi landasan untuk menjalin silaturahim dan persaudaraan yg kuat. Sisi lain untuk selalu berkiprah di Nahdlatul Ulama dengan lewat Fatayat NU,” tambahnya.

Alumni Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk juga menyatakan, Fatayat NU adalah sebuah organisasi yang diperuntukkan untuk perempuan di mana perempuan harus juga ikut andil dalam kiprah Nahdhatul ulama.

“Dengan begitu, kita dapat mengikuti jejaknya para muassis NU. Sisi lain, kita sebagai perempuan harus menjadi perempuan tangguh, multitalenta, ibu rumah tangga yang cerdas dan cekatan dalam menghadapi perkembangan zaman,” ungkapnya.

Kegiatan diisi dengan Khatmil Qur’an dan diskusi. Tema diskusi yang diangkat yaitu ‘Perempuan Harus Bisa Menyesuaikan Perkembangan Zaman’. Adapun hasil diskusinya adalah sebagai berikut:

Pertama, keluarga merupakan pondasi dasar penyebaran Islam. Dari keluargalah, muncul pemimpin-pemimpin yang berjihad di jalan Allah SWT dan akan datang bibit-bibit yang akan berjuang meninggikan kalimat-kalimat Allah SWT. Salah satu yang memiliki peran terbesar dalam hal tersebut adalah kaum wanita.

- Advertisement -

Kedua, wanita sebagai seorang istri. Ketika seorang laki-laki merasa kesulitan, maka istrilah yang bisa membantunya. Ketika seorang laki-laki mengalami kegundahan, sang istrilah yang dapat menenangkannya. Ketika sang laki-laki mengalami keterpurukan, sang istrilah yang dapat menyemangatinya.

Ketiga, dalam hal ekonomi, seorang wanita juga mempunyai peran meski berada dalam rumah tangga. Dengan memanfaatkan ekonomi kreatif atau digitalisasi.

Keempat, wanita sebagai seorang Ibu. Tidak ada kemuliaan terbesar yang diberikan Allah SWT bagi seorang wanita, melainkan perannya menjadi seorang Ibu bagi anaknya.

Kesimpulan yang dapat diambil ialah bahwa seorang wanita juga mempunyai kiprah dalam kehidupan terlebih dalam hal rumah tangga, baik ekonomi, pendidikan, dan agama. Maka dari itu, seorang wanita hanya kodratnya lemah, tetapi hal lainnya juga mempunyai kesempatan yang sama.

Editor : Ach. Khalilurrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...