spot_img
Categories:

Santri Darul Mu’afa Rubaru Peringati Asyura dengan Istighotsah

- Advertisement -

Rubaru, NU Online Sumenep

Siswa dan Siswi MTs dan MA Darussalam Karangnangka Rubaru Sumenep memperingati hari Asyura atau 10 Muharram 1444 Hijriyah dengan istighotsah bersama. Kegiatan ini dipusatkan di Aula MA Darussalam yang berada di bawah naungan Yayasan Darul Mu’afa Rubaru, Sumenep, Senin (08/08/2022).

Usai istighotsah, Kepala MA Darussalam Moh. Hairi mengulas hikmah dan sejarah peringatan 10 Muharram atau hari Asyura. Mengutip dalam hadist Rasulullah SAW, bahwa seseorang yang melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyura akan memperoleh keutamaan dari 10 Muharram.

- Advertisement -

“Jadi, setiap Muslim yang melaksanakan puasa sunnahdi dua hari tersebut akan mendapat pahala atau keutamaan 10 Muharram,” ujarnya.

Diriwayatkan Abu Qatadah RA: “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah terlewati dan yang akan akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharam) menghapuskan dosa setahun yang lepas.” (H.R. Muslim).

Ia menambahkan, keutamaan 10 Muharram atau hari Asyura tersebut tentu saja tidak lepas dari peristiwa penting dalam sejarah Islam. Yakni, saat Allah menyelamatkan Nabi Nuh dari banjir bandang dan keluar dari kapalnya di atas gunung setelah bumi ditenggelamkan selama 5 bulan.

“Makanya, pada tanggal 10 Muharram ini mari kita memperbanyak membaca istighfar dan istighotsah, apalagi misal bisa menyantuni anak yatim. Semoga pembacaan istighotsah di lembaga ini diterima di sisi Allah dan barokah selalu mengalir kepada kita semua,” pungkasnya.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...