spot_img
Categories:

LFNU Sumenep Terbitkan Ikhbar Gerhana Bulan Total, Ini Rinciannya

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep

Gerhana Bulan Total diperkirakan akan terjadi pada Selasa (08/11/2022) sore ini atau tanggal 13 Rabi’ul Akhir 1444 Hijriyah. Untuk itu, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Sumenep menerbitkan ikhbar dan rincian terjadinya kontak Gerhana Bulan Total.

Dalam surat bernomor 031/PC/LFNU/L-37.o/XI/2022 itu diterangkan, berdasarkan kalender hisab LF PCNU Sumenep gerhana bulan total dilihat dari Kabupaten Sumenep bisa diamati dari pukul 17.17.40 WIB sampai pukul 18.43.16 WIB.

- Advertisement -

Adapun rincian kontak terjadinya gerhana bulan total tersebut, yaitu, awal Penumbra terjadi pukul 15.05.06 WIB, dan awal Umbra terjadi pukul 16.10.37 WIB. Sementara awal gelap gerhana bulan total terjadi pukul 17.17.40 WIB, puncak gerhana pada pukul 18.00.28 WIB, dan akhir gelap gerhana bulan total pada pukul 18.43.16 WIB.

Di samping itu, akhir Umbra dan Penumbra secara berurutan terjadi pukul 19.50.19 WIB dan 20.55.50 WIB. Dengan demikian, lama gelap gerhana bulan total akan berlangsung selama 01.25.36 jam.

Atas terjadinya fenomena astronomi gerhana bulan total ini, LF PCNU Sumenep menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana bulan pada saat terjadi gerhana.

“Berdasarkan Sunnah Rasul, LF PCNU Sumenep menganjurkan kepada umat Islam, khususnya Nahdliyin untuk melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Bulan pada saat terjadinya gerhana,” demikian tulis surat ikhbar tersebut.

Pihaknya pun berharap, agar pengurus takmir atau tokoh nahdliyin di masing-masing daerah dapat memberikan edukasi terkait dengan peristiwa Gerhana Bulan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW.

Diketahui, LF PCNU Sumenep akan melaksanakan observasi langsung gerhana bulan total di Masjid Jamik Sumenep. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan bersama imam dan khatib masjid setempat setelah shalat jamaah Maghrib.

- Advertisement -

Editor: Ibnu Abbas

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
A. Habiburrahman
A. Habiburrahman
Read, Write, and Imagine
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...