spot_img
Categories:

Kiai Munif Khidmah untuk NU dan Masyarakat

- Advertisement -

Oleh: A. Zainol Hasan*

Kabar tentang kepulangan beliau (K. A. Munif Zubairi) ke Rahmatullah saya terima dengan amat terkejut. Saya baru saja terlelap ketika Ibu tiba-tiba membangunkan saya dan memberitahu bahwa beliau telah wafat. Dengan amat tergesa, saya bersama keluarga langsung menuju dhalem. Beberapa orang sudah berkumpul di sana, saat menengok telpon ada satu panggilan tak terjawab dari K. A. Dardiri Zubairi, adik beliau. Mungkin juga ingin memberitahu saya soal ini. Setengah jam sebelumnya saya memang sempat ke sana.

Air mata tak terbendung, ribuan doa dari para tetangga, santri, dan sanak saudara meluncur ke langit yang tiba-tiba mendadak dingin. Beberapa orang tampak sedang menelpon, mungkin memberitahu saudara atau famili yang ada di tempat jauh. Kabar dan ucapan bela sungkawa terus membanjiri laman grup Whatsap. Menandakan kecintaan mereka semua kepada beliau. Ingatan demi ingatan bermunculan. Memori masa-masa bersama beliau terus berdesakan tidak mau kalah dengan air mata yang menolak mampat.

Saya mengenal beliau sudah sejak kecil. Kebetulan putra beliau, Ra Faruqi adalah teman sekelas saya sejak TK dan kebetulan kelas saya waktu TK tepat di depan kediaman beliau. Pertemanan kami terus berlanjut. Saya dan kakak sepupu saya, Irfan sering diminta untuk bermain bersama Ra Faruqi di dhalem. Di sana saya bisa membaca buku cerita, melihat poster sepak bola, bermain monopoli, sesekali Beliau mengajak kami bermain catur dan tentu saja bermain sepak bola karena beliau dan Ra Faruqi sama-sama pecinta bola.

Waktu MI, Kiai Munif memegang materi Taisirul Khollaq (Kitab Akhlaq), PKN, dan Bahasa Inggris. Beliau selalu disiplin setiap kali mengajar. Berkat dorongan beliau juga di kelas VI MI kami mendirikan Mading sekakigus Buletin Pelangi. Kecintaan beliau terhadap dunia literasi menurun kepada putra beliau; Ra Faruqi.

Selepas MI, Ra Faruqi pindah ke Annuqayah. Sehingga jarang pula bagi saya ke dhalem Kiai Munif kecuali Ra Faruqi liburan. Baru ketika naik ke jenjang MA, saya sering lagi bertemu beliau. Beliau mengajar Tafsir Jalalain di Madrasah Aliyah dan di Pondok Pesantren. Beliau sangat alim dan begitu menguasai materi Ilmu Tafsir. Saya sering mengikuti pengajian beliau sehabis subuh di masjid pesantren.

Perhatian beliau terhadap pondok pesantren sangat luar biasa. Beliau akan turun tangan sendiri untuk urusan kebersihan pesantren dan madrasah. Setiap selesai berjama’ah di masjid, beliau terkadang memungut sendiri satu per satu sampah yang terlihat berserakan. Apa pun yang disampaikan oleh beliau, selalu disertai dengan contoh nyata.

Beliau juga terkenal tawadlu’ dan andhap asor, jarang sekali menemukan beliau ketika salaman tanpa menundukkan badan, bahkan hampir menyentuh tanah. Baik pada yang seusia beliau, lebih-lebih pada yang lebih tua bahkan pada santrinya sekalipun. Beberapa kali setiap saya nyabis ke dhalem, beliau selalu mengantar saya sampai ke halaman ketika saya pamitan.

Kecintaan beliau kepada guru-guru beliau juga begitu besar. Terutama pada masyaikh beliau di Annuqayah Guluk-Guluk. Ketika ada masyaikh Annuqayah hadir diacara NU atau acara-acara lain beliau akan dengan cepat menghadap pada para masyaikh tersebut untuk ngatore bakte – salaman dan mencium tangan para masyaikh dengan penuh takdzim. Begitulah penghormatan beliau pada guru-guru beliau. Bahkan beliau selalu bercerita tentang kehebatan dan kebaikan guru-guru beliau ketika ngobrol. Beliau juga sering meluangkan waktu untuk silaturahmi dan menyambung sanad keguruan pada para masyaikh Annuqayah Guluk-Guluk.

Khidmah untuk Masyarakat dan NU

Beliau termasuk salah satu pengurus NU yang sangat aktif. Di mana pun dan dalam keadaan apa pun, selama itu “NU” beliau pasti hadir. Bahkan dalam keadaan sakit sekalipun dan tidak pernah merasa canggung untuk berbaur bersama masyarakat. Pernah dalam suatu kegiatan peringatan Harlah NU Gapura Timur, beliau duduk di tengah-tengah jama’ah bukan di tempat yang biasa ditempati para kiai. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak gila hormat sekalipun posisi beliau sebagai Wakil Rois Syuriah PCNU dan pengasuh pondok pesantren besar, beliau tetap ingin dianggap sebagaimana orang biasa pada umumnya tak mau diagung-agungkan.

Beberapa kegiatan NU dilaksanakan di Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin yang beliau asuh. Biayanya pun juga sebagian beliau yang tanggung. Pokoknya untuk kepentingan NU beliau selalu menjadi yang terdepan entah itu berupa materi dan lain sebagainya.

Di sela-sela kesibukan mengurus pesantren, beliau juga selalu menyempatkan hadir ke undangan-undangan tetangga dan santri-santri beliau. Seluruh waktu beliau habis untuk mengajar dan berkhidmah untuk masyarakat. Kadang dalam sehari beliau tidak sempat istirahat karena begitu padatnya undangan. Bahkan terakhir sebelum beliau jatuh sakit beliau masih menyempatkan diri untuk hadir ke undangan tetangga meski dalam kondisi kurang sehat. Bagi beliau, memenuhi undangan adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan meskipun beliau harus mempertaruhkan kesehatannya.

Kiai Munif Ahli Sholawat

Dalam beberapa pertemuan, beliau sering berpesan kepada para santri untuk memperbanyak baca shalawat. “Kalau bisa setidaknya dalam sehari semalam 10.000, kalau tidak bisa 1000, kalau tidak bisa 100, kalau tidak bisa 10 kalau tidak bisa, berarti kamu tidak cinta pada Rasulullah,” dawuh beliau pada suatu waktu.

Saat masuk bulan Maulid, beliau mengadakan kompolan Shalawat Arbai’en, setiap hari pukul 5 pagi dari satu rumah ke rumah yang lain secara bergilir. Pada pereode pertama, tahun 2021 saya sudah masuk list anggota namun karena saya sering tidak hadir (waktu itu sering sakit) akhirnya saya keluar dari kompolan tersebut. Namun keinginan untuk membaca sholawat bersama beliau selalu menggebu-gebu, akhirnya di pereode berikutnya, tahun 2022 dengan hati yang mantap saya ikut lagi kompolan tersebut.

Saya masih ingat betul, hari itu adalah hari Selasa, 1 Robi’ul Awal 1444 H. Beliau memang selalu menjadi pembuka kompolan tersebut dan hari pertama biasanya memang ditempatkan di kediaman beliau. Padahal pada saat itu beliau sudah dalam keadaan kurang sehat, tapi masih tetap hadir dan ingin kompolam itu berlanjut.

Malam sebelumnya, penyakit jantung beliau kambuh. Nyaris beliau dirujuk ke rumah sakit oleh Om Adi (perawat puskesmas Gapura) yang kebetulan memang selalu memantau kondisi beliau. Tetapi karena mungkin tidak terlalu parah dan mulai membaik akhirnya beliau tidak jadi dirujuk, dan seperti biasa, beliau hadir ke kompolan setiap pagi.

Pada hari keenam kompolan Arba’ien, waktu itu di kediaman Bapak Hozairi, Kepala Desa Gapura Timur—yang kebetulan juga ikut kompolan tersebut—Beliau yang memimpin pembacaan sholawat. Suara beliau mulai serak seakan beliau menghikmati betul setiap baris dari shalawat yang beliau baca. Dan itu adalah hari terakhir kami bersama beliau, sebab pada hari itu juga sekitar pukul 09.00 usai menghadiri undangan maulid di rumah K. Rofiki Battangan, beliau jatuh sakit. Pembuluh darah di otak beliau pecah sehingga beliau tak sadarkan diri dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Moh. Anwar Sumenep.

Beliau opname di sana selama seminggu. Pecahnya pembuluh darah di otak mengakibatkan stroke, sehingga separuh badan beliau tidak berfungsi. Setelah seminggu di RSUD Sumenep, beliau dibawa ke rumah sakit di Surabaya. Kami di pondok pesantren menggelar doa bersama para santri dan alumni. Ribuan sholawat nariyah kami naikkan ke langit dengan satu harapan; beliau sembuh.

Selama di Surabaya, pelan-pelan kondisi beliau mulai membaik meski butuh keajaiban untuk kembali seperti semula. Beliau sudah bisa membuka mata meski belum bisa bicara. Saat kondisi beliau mulai pulih, akhirnya beliau diperkenankan pulang meski masih harus mendapatkan perawatan intensif. Selama beliau sakit, beliau beberapa kali hadir dalam mimpi saya.

Mimpi pertama, beliau datang dalam keadaan sehat dan bugar. Saya ingat betul dalam mimpi itu ada kompolan RT di kediaman Pak Rasyid Ar dan beliau hadir ke sana. Para tetangga menyambut beliau dengan hati yang berbunga-bunga. Mereka menyalami beliau dengan penuh takzim dan beliau memeluk mereka penuh kerinduan. “Bùla sapora lako maemo’ tatanggà, bule kerong kose ka dhika kabbhi” (Saya minta maaf selalu merepotkan para tetangga, saya rindu sekali pada kalian semua), begitulah dawuh beliau. Namun saat saya hendak salaman beliau mengangkat tangan dan berkata “Sengko’ minta tolong papolong kabbhi pengurussa, daemma ghella’ mak lajhu tada’ se ngimami e masjid. Mon parlo pokol tak arapa engko’ ikhlas, keng mon ba’na tak bisa ghiba ka bengko” (Saya minta tolong kumpulkan semua pengurus (pondok pesantren), ke mana mereka kok tidak ada yang menjadi imam di masjid? Kalau perlu, pukul mereka tidak apa-apa, saya ikhlas, kalau kamu tidak bisa (melakukan itu) bawa mereka ke rumah) dawuh beliau dalam mimpi saya. Bahkan dalam keadaan sakit pun beliau masih memikirkan pondok pesantren.

Mimpi berikutnya, beliau hadir mengingatkan saya, agar ketika saya di masjid membaca surat Yasin. Beliau tidak hanya hadir pada saya lewat mimpi, beberapa teman alumni juga mengaku didatangi beliau dalam mimpi dengan membawa beberapa pesan. Dan beliau selalu hadir dalam keadaan sehat dan semringah.

Terakhir, beliau hadir dalam mimpi saya kira-kira setengah bulan sebelum wafat. Saat itu beliau tidak berdawuh apa-apa, hanya saja dalam mimpi terakhir itu penampilan beliau tampak begitu gagah dan wajah beliau berseri-seri. Pakaian yang beliau pakai juga terlihat indah dan rapi.

Ada satu hal yang mungkin tidak bisa saya lewatkan dalam tulisan ini. Cerita ini datang dari Pak Rihwan dan Pak Aribuddin, Guru MI Nasy’atul Muta’allimin sekaligus jama’ah kompolan Arba’ien. Seusai pembacaan sholawat di kediaman Bapak Hozairi, beliau memanggil Pak Rihwan, kemudian beliau bercerita bahwa saat pembacaan sholawat tadi kenapa beliau tampak serak dan meneteskan air mata – terutama di bagian syair Marro a wajha ka yas’ad # yaa kariimal wa lidaini. Hawdlukasshofil mubarrad# wirdunaa yauman nusyuri dan dibagian syair ini beliau sering membacanya berulang-ulang – karena Abah beliau K.H.A. Zubairi, Kiai Marzuqi, Ny. Raufah dan Guru beliau K.H. A. Warits Ilyas serta KH. Muhammad Ilyas Syarqawi hadir di hadapan beliau dan Kiai Warits berkata kepada beliau sambil menunjuk ke atas “Kiai Munif, itu Rasulullah di atas kepalamu”. Itulah hari terakhir beliau membaca shalawat bersama kami sebelum akhirnya beliau jatuh sakit.

Setelah setahun beliau sakit sejak 6 Rabiul awwal 1444 H dan kini 7 Rabiul Awwal 1445 H beliau wafat menghadap ke Rahmatullah di bulan yang indah, bulan lahirnya sang insan paripurna Habibil Mushtofa Sayyidina Muhammad SAW, seakan menyiratkan bahwa beliau adalah ahli sholawat.

Selamat jalan Ya Murabbi, semoga engkau ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya. Berkumpul bersama para penghulumu dan orang-orang shaleh serta berkumpul bersama kekasihmu Nabi Muhammad SAW. Alfatihah…

Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin,
9 Rabiul Awwal 1445 H.

*Santri Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...