spot_img
Categories:

Rakercab II, Ansor Sumenep Usung Spirit ‘Ansor Maju Satu Barisan’

- Advertisement -

Kota, NU Online Sumenep
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sumenep menggelar Rapa Kerja Cabang (Rakercab) ke-2, Jum’at (25/3/2022), di Aula Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep.

Kepala Kasi Pontren Kemenag Sumenep, Kiai Abdul Wasid mengatakan, Rakercab merupakan momentum yang sangat penting dalam merumuskan beberapa program kerja untuk kemajuan Ansor ke depan. Karenanya ia berharap GP Ansor Sumenep tetap berkomitmen dalam menjaga nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah an-Nahdliyah.

“Momentum ini sangatlah penting untuk merumuskan beberapa program kerja untuk kemajuan Ansor ke depan. Saya berharap dari sinilah lahir program kerja strategis dalam menjaga nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah an-Nahdliyah,” ungkapnya.

- Advertisement -

Mantan Sekretaris PC GP Ansor Sumenep itu menceritakan, sejak awal aktif di Ansor sejak puluhan tahun yang silam hingga saat ini sudah begitu pesat kemajuannya. Hal itu dibuktikan dengan masifnya kegiatan dari tingkat cabang hingga ranting.

“Saat ini semua orang berbondong-bondong ikut PKD, sebuah pertanda bahwa Ansor adalah organisasi idola pemuda. Menyentuh semua orang dari latarbelakang apapun,” imbuh Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur itu.

Lebih jauh, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Kiai Zainul Hasan mengatakan bahwa kemajuan GP Ansor Sumenep salah satunya disebabkan oleh kedisiplinan yang tinggi serta satu komando dalam satu barisan.

“Jujur, GP Ansor sangat aktif berkegiatan. Dari cabang hingga ranting, tiada hari tanpa kegiatan. Menurut saya tentu ini karena kedisiplinan yang diterapkan dan solidaritas internal dalam mematuhi pimpinan,” ungkapnya.

Atas nama PCNU Sumenep, Kiai Hasan berharap Rakercab ke-2 tersebut bisa melahirkan inovasi dan gagasan inspiratif yang dirumuskan dalam program kerja. Dengan demikian, GP Ansor Sumenep semakin maju dan manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat.

“Syukur-syukur nanti bisa konkret. Karena NU sejatinya, bukan hanya jam’iyah diniyah, tetapi juga jam’iyah ijtima’iyah. Dalam artian dalam setiap program kerja yang disusun jangan sampai lupa dengan gerakan sosial kemasyarakatan,” pintanya.

- Advertisement -

Spirit ‘Ansor Maju Satu Barisan’

Sebagai organisasi kepemudaan yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama, GP Ansor Sumenep bertekad untuk mewujudkan organisasi yang bermartabat dan bermanfaat, baik kepada agama, bangsa maupun negara.

Atas dasar itu, Ketua PC GP Ansor Sumenep, Kiai Qumri Rahman, menegaskan pentingnya solidaritas di internal organisasi, dari struktur atas hingga bawah. Ansor maju satu barisan adalah cita-cita besar yang perlu diwujudkan. Mengingat Ansor adalah organisasi kepemudaan yang memiliki basis kuat.

“Kita akan memasuki 2024, yakni tahun politik. Maka kita harus solid. Satu komando dari atas hingga bawah,” tegasnya.

Kiai Qumri, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa yang dimaksud Ansor Maju Satu Barisan adalah sebuah gerakan yang segmentasinya tidak hanya pada ranah penguatan ideologi saja. Melainkan juga di ranah siyasah, atau ranah politik. Baik politik praktis maupun politik kebangsaan.

- Advertisement -

“Saya menginginkan, Ansor maju satu barisan terwujud dengan baik. Tidak hanya bergerak dalam ranah penguatan ideologi, tetapi juga harus melangkah satu barisan ke ranah politik,” terangnya.

Meski demikian, Kiai Qumri menegaskan, GP Ansor secara kelembagaan tetap berpijak kepada khittah NU. Namun, sebagai organisasi kepemudaan yang besar, orang-orang di dalamnya sudah seharusnya terlibat di ranah politik.

“Walaupun bukan kita pemainnya, tapi kitalah yang harus menentukan siapa pemainnya. Hal tersebut tentu dalam rangka mewujudkan kemaslahatan umat,” lanjutnya.

Selain itu, Kiai Qumri juga mengintruksikan kepada segenap pengurus di tingkatan cabang untuk tetap melayani dan mengayomi Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor di Kabupaten Sumenep. Sebab, kelembagaan di tingkat ranting sangat esensial.

“Merekalah yang berjuang langsung di akar rumput. Membersamai masyarakat dan terlibat secara langsung dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Setiap kegiatan yang digelar PAC maupun ranting, Kiai Qumri berkomitmen akan tetap hadir bilamana tidak ada halangan melintang. “Sebagaimana yang sering saya sampaikan, saya pasti hadir di acara ranting, dimanapun,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Kiai Qumri juga melaporkan hingga saat ini GP Ansor sudah aktif di tingkatan ranting.

“Alhamdulillah, hingga saat ini berdasarkan laporan dari bidang kaderisasi, semua ranting sudah ter-SK,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris PCNU Sumenep, Kiai Zainul Hasan, Kasi Pontren Kemenag Sumenep, Kiai Abdul Wasid, dan Perwakilan Kepala PT Pos Indonesia Cabang Sumenep, Mawardi.

Turut hadir pula, jajaran Pengurus PC GP Ansor Sumenep, Banser, Baanar, dan MDS RA, serta Pengurus Harian PAC GP Ansor se-kabupaten Sumenep.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Ibnu Abbas
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...