spot_img
Categories:

Lewat Sekolah Gerakan, Lakpesdam NU Sumenep Kawal Advokasi Kebijakan Publik

- Advertisement -

Manding, NU Online Sumenep

Dalam rangka meningkatkan kapasitas internal kelembagaan, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sumenep menggelar Sekolah Gerakan di Fathimah International Elementary School, Kecamatan Manding, Sumenep, Kamis hingga Ahad, 18-21 Januari 2024.

Acara yang menggandeng Fakta Foundation itu bertajuk ‘Membangun Kesadaran Kritis Generasi Milenial terhadap Isu Sosial’. Diikuti oleh pengurus dan kader internal Lakpesdam NU Sumenep dan Fakta Foundation.

- Advertisement -

Sekretaris Lakpesdam NU Sumenep, Nurus Syamsi mengatakan kegiatan tersebut setidaknya memuat dua tujuan utama. Pertama, peningkatan kapasitas internal kelembagaan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation dalam dunia gerakan.

“Khususnya gerakan advokasi kebijakan publik. Terkhusus lagi di ranah anggaran,” ungkapnya kepada awak media, Kamis, 18 Januari 2024.

Kedua, terciptanya kader yang terkonsolidasi secara sistematis dalam gerakan advokasi kebijakan anggaran di Kabupaten Sumenep. Sebab, menurutnya, sejauh ini masih belum berpijak kepada kepentingan rakyat dan tidak transparan.

“Sejauh ini kebijakan pemerintah yang tergambar dalam kebijakan anggaran, dalam hal ini APBD Sumenep, dalam tiga tahun terakhir belum sepenuhnya pro rakyat dan belum transparan,” tambahnya.

Sekolah Gerakan ini, lanjut Syamsi, menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya. Di antaranya, Ketua Bawaslu Jawa Timur A Warits, Manajer NU Online Jawa Timur Moch Rofi’i Boenawi, dan Koordinator Lembaga Fitra Jawa Timur Dahlan.

“Adapun materinya, antara lain Media dan Opini Publik, Teknik dan Strategi Advokasi, dan Analisis Anggaran,” tandasnya.

- Advertisement -

Editor: A Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Ibnu Abbas
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...