spot_img

Sejumlah Organisasi di Kecamatan Guluk-Guluk Deklarasi Tolak Perusakan Lingkungan

- Advertisement -

Guluk-Guluk, NU Online Sumenep

Sejumlah organisasi di Kecamatan Guluk-Guluk deklarasi penolakan perusakan lingkungan di Kecamatan Guluk-Guluk. Pada Jum’at kemarin (2/4/2021) bertempat di sekretariat komunitas Gerakan Pemuda Bragung (Gapbra).

Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan di Kecamatan Guluk-Guluk. Karena melihat telah banyak di daerah lain yang dirugikan akibat rusaknya lingkungan, seperti halnya pertambangan dan aktifitas pencemaran lingkungan lainnya. Termasuk dalam hal ini isu tambang fosfat yang masih hangat diperbincangkan oleh sejumlah pegiat lingkungan.

Deklarasi yang digelar dalam bentuk penandatanganan petisi itu dipimpin oleh perwakilan dari komunitas Gapbra kemudian diikuti oleh organisasi dan komunitas lainnya, diantaranya: Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk (SPKG), IPNU dan IPPNU, GMNI Guluk-Guluk, PMII Guluk-Guluk, Saudara, Komunitas Peduli Lingkungan (Kopling), FNKSDA Sumenep, NGR Community, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Guluk-Guluk, dan Aliansi Rakyat Bergerak (ARB).

Penandatanganan petisi tersebut sebagai bentuk dorongan kepada pemerintah Kecamatan Guluk-Guluk agar terlibat dalam penolakan perusakan lingkungan, Sebab jika tidak diantisipasi dari sebelumnya maka akan mengakibatkan dampak negatif yang luar biasa. Hal ini dengan tegas disampaikan Moh, Faiq, Ketua Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk.

“Kami seluruh organisasi dan komunitas telah berkomitmen untuk menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan di kecamatan Guluk-Guluk. Bahkan kami akan siap melawan bagi siapapun saja yang berupaya melakukan perusakan lingkungan di wilayah kami.” Kata Moh. Faiq, Ketua Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk.

Sementara itu, Ani, Ketua Komunitas Peduli Lingkungan (Kopling) menuturkan bahwa merupakan tanggung jawab bersama untuk terus merawat dan melestarikan lingkungan. Sebab, menurutnya, lingkungan merupakan tempat manusia menapaki hidup yang tentu harus dijaga dengan baik.

“Marilah kita semua tanamkan lebih dalam akan kecintaan merawat lingkungan, buktikan dengan aksi-aksi nyata. Termasuk libatkan pemerintah kecamatan juga, serahkan petisi ini sebagai dorongan kepada mereka,” pintanya.

Berikut isi pernyataan sikap sejumlah organisasi di Kecamatan Guluk-Guluk.

1. Menolak keras perusakan lingkungan di kecamatan Guluk-Guluk.
2. Mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan aparatur pemerintah terlibat aktif dalam melestarikan lingkungan.
3. Mengutuk keras tindakan korporat dan birokrat yang sedang atau akan melakukan perusakan lingkungan.
4. Apabila terdapat kesengajaan melakukan perusakan lingkungan, maka kami berkomitmen untuk melawan.

Guluk-Guluk, Jum’at 2 April 2021

Editor: Abdul Warits

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Ibnu Abbas
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...