spot_img

Upaya Mitigasi, BMKG Pasuruan Gelar Sekolah Lapang Gempabumi di Sumenep

- Advertisement -

Kalianget, NU Online Sumenep
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pasuruan menggelar Sekolah Lapang Gempabumi (SLG) Tahun 2022. Kegiatan yang bertajuk ‘Membangun Kawasan Pelabuhan, Masyarakat dan Sekolah di Kabupaten Sumenep Tanggap Gempabumi dan Tsunami’ itu dipusatkan di Gedung PT Garam, Kalianget, Sumenep. Selasa, (14/6/2022).

Kepala Stasiun Geofisika Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, bahwa wilayah bagian timur Pulau Madura, lebih tepatnya Kabupaten Sumenep berpotensi terjadi gempabumi dan tsunami. Hal tersebut yang kemudian mendasari SLG 2022 dilaksanakan di Sumenep.

“Sekolah Lapang Gempabumi ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat, pemerintah, sekolah dan lainnya terhadap potensi gempabumi dan tsunami di Sumenep. Sehingga nantinya dapat melakukan mitigasi maupun penanganan yang tepat bila terjadi,” ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Sumenep.

Djati menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan stakeholder di Sumenep terkait peringatan dini adanya potensi gempabumi dan tsunami. Sehingga upaya mitigasi dapat dilakukan sedini mungkin.

“SLG 2022 menargetkan diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari masyarakat dan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta. Sehingga diharapkan upaya mitigasi bisa kita lakukan bersama-sama sedini mungkin,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjut Djati, bencana alam gempabumi dan tsunami tentu tidak diharapkan terjadi. Namun bilamana terjadi, masyarakat dan semua pihak sudah siap siaga melakukan upaya-upaya penanganan.

“Sumenep ini masuk kategori berpotensi tsunami. Karena itu SLG ini diselenggarakan untuk membentuk masyarakat yang siap siaga bilamana terjadi. Kita harus membangun kapasitas upaya mitigasi. Namun tentu tidak kita harapkan ya,” terangnya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumenep, Didik Wahyudi berharap, SLG 2022 dapat menumbuhkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam membangun kewaspadaan menghadapi potensi gempabumi dan tsunami di Sumenep.

“Semoga kegiatan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan dalam membangun kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi potensi gempabumi dan tsunami di Sumenep,” ujarnya saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi yang berhalangan hadir.

Diharapkan pula, paska Sekolah Lapang Gempabumi, wawasan dan pengetahuan yang didapatkan dapat diketuktularkan kepada masyarakat yang lebih luas. “Dari ini saya berharap bisa lahir inovasi-inovasi dalam melakukan upaya penanganan dini. Sehingga masyarakat bisa hidup dengan aman dan nyaman di wilayah yang berpotensi terjadi bencana,” pungkasnya.

Hadir dalam seremonial pembukaan SLG 2022, Asisten 1 Setda Sumenep, Didik Wahyudi, Kepala Stasiun Geofisika Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro, Forkopimda Sumenep, BPBD, serta lembaga pemerintah terkait lainnya.

Adapun kepesertaan SLG, diikuti oleh perwakilan masyarakat di Desa Kalianget Timur, Kalianget Barat, dan Kertasada. BPBD, Basarnas, serta beberapa perwakilan lembaga swasta.

Editor: A. Habiburrahman

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Ibnu Abbas
Ibnu Abbas
Pemimpin Redaksi NU Online Sumenep
Tetap Terhubung
16,985FansSuka
5,481PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Rekomendasi

TerkaitBaca Juga

TrendingSepekan!

TerbaruUpdate!

Urutan Wali Nikah Dalam Islam

4
Rubrik Lensa Fikih diasuh oleh Kiai Muhammad Bahrul Widad. Beliau adalah Katib Syuriyah PCNU Sumenep, sekaligus Pengasuh PP. Al-Bustan II, Longos, Gapura, Sumenep.   Assalamualaikum warahmatullahi...

Keputusan Bahtsul Masail NU Sumenep: Hukum Capit Boneka Haram

0
Mengingat bahwa permainan sebagaimana deskripsi di atas sudah memenuhi unsur perjudian (yaitu adanya faktor untung-rugi bagi salah satu pihak yang terlibat), sehingga dihukumi haram, maka apapun jenis transaksi antara konsumen dengan pemilik koin adalah haram karena ada pensyaratan judi.
Sumber gambar: Tribunnews.com

Khutbah Idul Adha Bahasa Madura: Sajhârâ Tellasan Reajâ

0
# Khutbah Pertama اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ أَكْبَرُ - اللهُ...

Khutbah Idul Fitri Bahasa Madura: Hakekat Tellasan

0
# Khutbah I اَللهُ أَكْبَرُ (٩×) لَآ إِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، اَللهُ أَكْبَرُ مَا...